Sukses

Disanksi Uni Eropa dan AS, Militer Myanmar Justru Salahkan Demonstran

Junta militer Myanmar menyalahkan demonstran usai menerima sanksi dari Uni Eropa dan AS.

Liputan6.com, Yangon - Militer Myanmar menuduh pengunjuk rasa anti-junta yang menyebabkan negara-negara Barat memberlakukan lebih banyak sanksi pada individu dan kelompok yang terkait dengan kudeta.

Juru bicara Junta Zaw Min Tun mengatakan, 164 pengunjuk rasa telah tewas dalam kekerasan itu dan menyatakan kesedihan atas kematian tersebut.

"Mereka juga warga kami," katanya dalam konferensi pers di ibu kota Naypyitaw, Selasa (23/3).

Mengutip Channel News Asia, Selasa (23/3) Kelompok Aktivis Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik (AAPP) mengatakan setidaknya 261 orang telah tewas dalam tindakan keras oleh pasukan keamanan.

Tiga orang tewas di kota kedua Myanmar, Mandalay dalam kerusuhan yang terjadi pada Senin (22/3), termasuk seorang remaja laki-laki, kata saksi mata dan laporan berita.

Pasukan keamanan melancarkan lebih banyak penggerebekan di beberapa bagian Yangon pada Senin malam dengan tembakan dan beberapa orang terluka, kantor berita Mizzima melaporkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kudeta Myanmar

Junta telah mencoba untuk membenarkan kudeta tersebut dengan mengatakan, pemilihan 8 November yang dimenangkan oleh Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi adalah penipuan - sebuah tuduhan yang ditolak oleh komisi pemilihan. Para pemimpin militer telah menjanjikan pemilihan baru tetapi belum menetapkan tanggal dan telah menyatakan keadaan darurat.

Zaw Min Tun menyalahkan pengunjuk rasa atas kekerasan dan pembakaran dan mengatakan sembilan anggota pasukan keamanan telah tewas.

"Bisakah kita memanggil pengunjuk rasa damai ini?" katanya, sambil menunjukkan video pabrik yang terbakar. 

"Negara atau organisasi mana yang menganggap kekerasan ini damai?"

Dia mengatakan, pemogokan dan rumah sakit yang tidak beroperasi sepenuhnya telah menyebabkan kematian, termasuk dari COVID-19, menyebut mereka "tidak pantas dan tidak etis".

Juru bicara itu juga menuduh media "berita palsu", memanasi kerusuhan dan mengatakan wartawan bisa dituntut jika mereka berhubungan dengan CRPH, karena sisa-sisa pemerintahan Aung San Suu Kyi diketahui secara lokal. Militer telah menyatakan CRPH sebagai organisasi ilegal.

Dia memberikan rincian terperinci atau bagaimana NLD telah menciptakan ratusan atau bahkan ribuan surat suara tambahan di banyak kota dengan menciptakan pemilih, termasuk di daerah pemilihan Aung San Suu Kyi sendiri. Video orang-orang yang mengatakan bahwa mereka dibayar oleh perwakilan NLD ditampilkan pada konferensi pers.

Juga diperlihatkan video kesaksian mantan menteri utama Yangon Phyo Min Thein mengatakan dia mengunjungi Aung San Suu Kyi beberapa kali dan memberikan uangnya "kapan pun diperlukan".

Aung San Suu Kyi, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas kampanyenya untuk membawa pemerintahan sipil yang demokratis ke Myanmar, ditahan di tahanan. Pengacaranya mengatakan tuduhan itu dibuat-buat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.