Sukses

Masih Merasa Lelah Meski Sudah Cukup Tidur? Ini Alasannya

Walau sudah tidur dengan waktu yang lama, banyak orang yang kerap masih merasa lelah ketika bangun. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta Kita menghabiskan sepertiga hidup kita untuk beristirahat, atau mencoba untuk tidur. Namun, statistik mengatakan bahwa setiap sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat (AS) tidak cukup tidur. Banyak sekali orang yang kelelahan.

Tidur merupakan bentuk istirahat yang sangat penting tidak hanya untuk otak kita, tapi juga kesehatan dan kecantikan kita. Masalah ini dapat dengan mudah diatasi jika kita hanya pergi tidur pada waktu tertentu.

Tak perlu khawatir, berikut 6 waktu yang tepat agar mendapat tidur yang cukup, menurut Bright Side.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mulailah dengan Memilih Kapan Harus Bangun

Untuk mengetahui jadwal tidur terbaik untuk Anda, Anda perlu memutuskan waktu Anda ingin bangun. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara bangun pagi, atau tidur sampai sore hari.

Namun penting untuk diingat bahwa jika Anda ingin bangun dengan segar dan santai, Anda perlu menyetel alarm untuk waktu yang sama, tujuh hari seminggu.

 

3 dari 6 halaman

Ketahui Berapa Banyak Waktu yang Dibutuhkan untuk Tidur

Jumlah tidur yang dibutuhkan berubah sepanjang hidup kita. Saat kita masih kecil, kita harus tidur sampai 14 jam, tapi pada umur 20-40, kita hanya butuh sekitar 7 sampai 9 jam tidur. Pikirkan seberapa sering Anda biasanya tidur sebelum bangun dengan penuh energi, dan dengarkan tubuh Anda untuk mencari tahu berapa jumlah yang tepat untuk Anda.

4 dari 6 halaman

Tentukan Jam untuk Pergi Tidur

Setelah Anda mengetahui jam berapa Anda akan bangun dan berapa jam tidur yang Anda butuhkan, Anda akan mendapatkan formula yang tepat untuk kapan harus tidur. Jika Anda mengikuti jadwal ini, tubuh Anda secara alami akan merasa mengantuk pada waktu yang diperlukan dan Anda akan dapat bangun dengan mudah.

Misalnya, berdasarkan usia dan pengalaman. Anda tahu membutuhkan 7 jam tidur, dan Anda memutuskan bahwa akan bangun jam 8 pagi setiap hari.

Dalam situasi ini, Anda harus tidur pada jam 1 pagi. Tetapi jika memutuskan untuk mengubah jadwal dan bangun pada jam 6 pagi, sejak saat itu Anda harus pergi ke tempat tidur pada jam 11 malam, setiap hari.

5 dari 6 halaman

Lebih Awal Belum Tentu Lebih Baik

Seringkali diyakini bahwa orang perlu tidur sekitar jam 10 malam untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tetapi penelitian terbaru dari Harvard telah membuktikan hal ini salah. Para ilmuwan mengatakan bahwa night owl pun dapat berkinerja baik di siang hari, selama mereka memiliki jam tidur yang teratur.

Jadi jika Anda pergi tidur jam 3 pagi dan bangun jam 10 pagi, tidak apa-apa, selama Anda secara konsisten melakukan hal yang sama.

6 dari 6 halaman

Menjaga jadwal tidur yang konsisten adalah kuncinya

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur adalah tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Tidak hanya akan membuat Anda lebih mudah tertidur, tetapi juga akan membuat Anda lebih pintar dan lebih bahagia.

Di sisi lain, kurang tidur pada hari kerja dan tidur ekstra pada akhir pekan menyebabkan diabetes, obesitas, dan kesehatan kardiovaskular yang buruk.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.