Sukses

Buat Jerawatan, Ini 5 Alasan untuk Berhenti Mengeringkan Wajah dengan Handuk

5 alasan mengapa penggunaan handuk akan merusak wajah Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin banyak dari kita yang sering menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah. Padahal handuk adalah hal yang paling mengandung banyak bakteri di kamar mandi, sehingga membahayakan kulit muka.

Dikutip dari Bright Side, Selasa (23/3/2021), berikut adalah beberapa alasan mengapa menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah adalah sesuatu yang tidak perlu dilakukan:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membuat Jerawatan

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang digunakan untuk mengeringkan tubuh dapat merusak kulit Anda. Handuk adalah perangkap bakteri yang baik, dan karena kita biasanya menyimpannya di kamar mandi di mana udaranya lembap, hal itu akan menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri.

Saat handuk digosokkan handuk ke wajah, Anda memindahkan semua bakteri tersebut ke kulit yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat.

Walaupun Anda gunakan handuk terpisah untuk wajah dan tubuh, kemungkinan besar handuk tersebut tidak dicuci setiap hari dan bakteri yang tidak diinginkan masih dapat masuk ke kulit.

2. Kulit Akan Lebih Cepat Menua

ilustrasi rekomendasi makanan yang bisa menghilangkan bekas jerawat/pexels

Handuk mandi yang berbahan lebih keras di wajah dapat membuat kulit robek sehingga rentan terhadap infeksi dan kerutan.

Semakin sering handuk dicuci, semakin rapuh kainnya, dan gesekan yang ditimbulkannya akan bertindak sebagai pengelupas yang terlalu berat untuk kulit muka.

3. Mengurangi Kemanjuran Produk Perawatan Kulit

Ilustrasi Perasaan Kesal Credit: pexels.com/Moore

Meskipun mengeringkan wajah setelah mencucinya adalah hal yang wajar untuk dilakukan, pada kenyataannya, hal tersebut tidak akan membuat kulit muka mendapatkan hasil maksimal dari produk yang telah diaplikasikan.

Pelembap Anda akan lebih meresap ke dalam kulit sebelum air menguap dari permukaanya. Tidak mengeringkannya dengan handuk akan memungkinkan produk perawatan kulit mengunci kelembapan yang dibutuhkan kulit agar terlihat awet muda.

3 dari 4 halaman

4. Mengiritasi Kulit

Jika kulit Anda sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Karena sebagian besar kain handuk terlalu keras untuk kulit, menyeka wajah dengan kain tersebut dapat menyebabkan kulit kemerahan dan menjadi iritasi.

5. Membuat Kulit Berminyak

ilustrasi essence kulit jerawat dan berminyak/freepik

Hal ini mungkin kontradiktif, tetapi mengeringkan kulit dapat membuatnya menjadi lebih berminyak.

Handuk kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat, dan membuatnya harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan yang akan menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak.

Selain mengeringkan wajah dengan handuk, biarkan udara yang melakukannya. Pengeringan secara alami lebih higienis dan lembut pada kulit muka Anda walaupun membutuhkan waktu yang lebih banyak.

 

Reporter: Paquita Gadin

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.