Sukses

Sejarah Panjang Rasisme Terhadap Keturunan Asia-Amerika di AS

Corona COVID-19 nyatanya mempertajam pandangan rasisme pada warga keturunan Asia-Amerika di AS. Ini sejarah panjangnya.

Liputan6.com, New York City - Krisis COVID-19 semakin mempertajam narasi yang berlaku bagi warga Asia-Amerika, soal kebencian dan ancaman. Ditambah, mereka adalah kaum minoritas.

Konsep minoritas yang dikembangkan selama dan setelah Perang Dunia II, menyatakan orang Amerika keturunan Asia adalah imigran kulit berwarna yang ideal untuk tinggal di AS karena keberhasilan ekonomi mereka.

Namun di Amerika Serikat, orang Asia-Amerika telah lama dianggap sebagai ancaman bagi negara yang mempromosikan kebijakan imigrasi khusus kulit putih.

Mereka disebut "yellow peril" atau "bahaya kuning": najis dan tidak layak untuk mendapat kewarganegaraan di Amerika Serikat, demikian dikutip dari laman pbs.org, Selasa (23/3/2021).

Pada akhir abad ke-19, kaum pribumi kulit putih menyebarkan propaganda xenofobia tentang kenajisan orang Tionghoa di San Francisco.

Menurut situs KBBI, xenofobia berarti: "Perasaan benci (takut, waswas) terhadap orang asing atau sesuatu yang belum dikenal; kebencian pada yang serba asing."

Ini memicu pengesahan Undang-Undang Pengecualian China yang terkenal, undang-undang pertama di Amerika Serikat yang melarang imigrasi hanya berdasarkan ras.

Awalnya, tindakan tersebut menempatkan moratorium 10 tahun untuk semua migrasi China.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perintah Eksekutif 9066

Pada awal abad ke-20, pejabat Amerika di Filipina, yang saat itu merupakan koloni resmi AS, merendahkan orang Filipina karena menganggap mereka sebagai sesuatu hal yang najis dan tidak beradab.

Petugas kolonial dan dokter lantas mengidentifikasi dua hal: pemberontak Filipina melawan pemerintahan Amerika, dan "penyakit tropis" yang terjadi pada penduduk asli Filipina.

Merujuk pada kekacauan politik dan medis Filipina, para pejabat ini membenarkan berlanjutnya pemerintahan kolonial AS di kepulauan tersebut.

Pada 19 Februari 1942, Presiden Franklin Delano Roosevelt menandatangani Perintah Eksekutif 9066 untuk memenjarakan orang-orang yang dicurigai sebagai musuh kamp-kamp interniran pedalaman.

Sementara perintah itu juga memengaruhi orang Jerman-dan Italia-Amerika di Pantai Timur, sebagian besar dari mereka yang ditahan pada tahun 1942 adalah keturunan Jepang.

Banyak dari mereka adalah warga negara yang dinaturalisasi, orang Amerika generasi kedua dan ketiga.

Di abad ke-21, bahkan kota-kota paling "multikultural" di Amerika Utara, seperti Toronto, Kanada, adalah sarang rasisme yang ganas.

Selama wabah SARS 2003, Toronto menyaksikan kebangkitan rasisme anti-Asia, seperti yang terjadi saat ini.

Dalam studinya tahun 2008, sosiolog Carrianne Leung menyoroti rasisme sehari-hari terhadap pekerja perawatan kesehatan China dan Filipina di tahun-tahun setelah krisis SARS.

Sementara dirayakan publik atas pekerjaan mereka di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, para wanita ini malah takut akan nyawa mereka terancam dalam perjalanan pulang.

Tidak ada ekspresi patriotisme, bahkan saat mereka menjadi pekerja garis depan dalam memberantas pandemi yang membuat para migran Asia ini kebal terhadap rasisme.

 

3 dari 4 halaman

Model Minoritas

Selama dekade terakhir, dari Hadiah Pulitzer hingga film populer, orang Asia-Amerika perlahan-lahan mendapatkan representasi yang lebih baik di Hollywood dan industri budaya lainnya.

Sementara film "The Joy Luck Club" telah lama menjadi penggambaran ke-Asia yang paling terkenal di Hollywood, oleh Golden Globes 2018, Sandra Oh menyatakan pepatahnya yang sekarang terkenal: "Menjadi orang Asia adalah suatu kehormatan." Itu, setidaknya pada nilai nominal, momen inklusi budaya.

Namun, apa yang disebut inklusi Amerika Asia memiliki sisi gelap.

Pada kenyataannya, seperti yang dikemukakan oleh sejarawan budaya Robert G. Lee, inklusi dapat dan telah digunakan untuk melemahkan aktivisme orang Afrika-Amerika, masyarakat adat, dan kelompok terpinggirkan lainnya di Amerika Serikat.

Dalam kata-kata, penulis Frank Chin pada tahun 1974 menyebut, "Orang kulit putih mencintai kita karena kita tidak berkulit hitam."

Misalnya, pada tahun 1943, setahun setelah Amerika Serikat memenjarakan orang Jepang-Amerika di bawah Perintah Eksekutif 9066, Kongres mencabut Undang-Undang Pengecualian China.

Kaum liberal kulit putih menganjurkan pencabutan bukan karena altruisme terhadap para migran China, tetapi untuk mengadvokasi aliansi transpasifik melawan Jepang dan kekuatan Poros.

Dengan mengizinkan perjalanan bebas migran Tiongkok ke Amerika Serikat, negara tersebut dapat menunjukkan 'kebugarannya' yang seharusnya sebagai negara adidaya antar-ras yang menyaingi Jepang dan Jerman.

Sementara itu, orang Jepang-Amerika yang dipenjara di kamp-kamp dan orang Afrika-Amerika masih ditahan di bawah undang-undang segregasi Jim Crow.

Dalam buku, "Opening the Gates to Asia: A Transpacific History of How America Repealed Asian Exclusion," sejarawan Occidental College Jane Hong mengungkapkan bagaimana pemerintah Amerika Serikat menggunakan inklusi imigrasi Asia terhadap kelompok minoritas lainnya pada saat pergolakan sosial.

Misalnya, pada tahun 1965, pemerintahan Lyndon B. Johnson menandatangani Undang-Undang Hart-Celler yang sangat terkenal menjadi undang-undang.

Undang-undang tersebut terutama menargetkan para migran Asia dan Afrika, mengubah imigrasi dari sistem kuota eksklusif ke sistem poin berbasis prestasi. Namun, itu juga memberlakukan pembatasan imigrasi di Amerika Latin.

 

4 dari 4 halaman

Di Luar Model Politik Minoritas

Seperti yang diperlihatkan sejarah, komunitas Asia-Amerika berdiri untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam komunitas dan lintas garis ras.

Aktivis Jepang-Amerika seperti Yuri Kochiyama bekerja dalam solidaritas dengan komunitas kulit berwarna lainnya untuk memajukan gerakan hak-hak sipil.

Seorang mantan interniran di Jerome Relocation Center, Arkansas, kehidupan pasca-perang Kochi di Harlem, dan persahabatannya dengan Malcolm X, menginspirasinya untuk menjadi aktif dalam gerakan anti-Perang Vietnam dan hak-hak sipil.

Pada 1980-an, dia dan suaminya Bill, yang merupakan bagian dari Resimen ke-442, bekerja di garis depan gerakan reparasi dan permintaan maaf untuk para tawanan Jepang.

Sebagai hasil dari upaya mereka, Ronald Reagan menandatangani Undang-Undang Kebebasan Sipil yang dihasilkan menjadi undang-undang pada tahun 1988.

Kochiyama dan aktivis seperti dia telah menginspirasi kerja lintas komunitas Asia-Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.