Sukses

Ketika Presiden AS Joe Biden Tersandung 3 Kali di Tangga Pesawat Air Force One

Presiden AS Joe Biden berhasil tersandung tidak hanya satu-dua kali, tetapi tiga kali dalam perjalanannya menaiki anak tangga ke pesawat kepresidenan Air Force One.

Liputan6.com, Maryland - Presiden AS Joe Biden berhasil tersandung tidak hanya satu-dua kali, tetapi tiga kali dalam perjalanannya menaiki anak tangga ke pesawat kepresidenan Air Force One pada Jumat 19 Maret 2021 waktu setempat.

Seorang juru bicara Gedung Putih menyalahkan cuaca berangin sebagai penyebab sang presiden goyah.

Peristiwa itu terjad ketika Biden (78), pria tertua yang pernah terpilih sebagai presiden AS, sedang berangkat ke Atlanta dari Pangkalan Udara Andrews di Maryland.

Sekitar setengah menaiki tangga berkarpet merah, Biden dapat terlihat kehilangan pijakannya sebelum tersandung tiga kali, akhirnya berakhir berlutut dengan lutut kirinya, sambil masih memegang pagar dengan tangan kanannya, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Sabtu (20/3/2021).

Presiden bangkit kembali, memberikan lutut kirinya gosok dan naik sisa tangga sebelum berbalik dan memberi hormat kepada marinir AS yang telah menerbangkannya dengan helikopter ke bandara dari Gedung Putih.

Para pejabat bersikeras tidak ada dampak signifikan bagi presiden Joe Biden. Karine Jean-Pierre, wakil sekretaris pers Gedung Putih, mengatakan kepada wartawan di Air Force One: "Kondisi sangat berangin. Aku sendiri hampir jatuh dari tangga. Dia (Biden) 100% baik-baik saja."

Ditanya apakah presiden diperiksa oleh dokter, Jean-Pierre hanya mengatakan: "Saya hanya - yang saya tahu adalah - saya dapat memberi tahu Anda adalah dia baik-baik saja. Dia melakukannya dengan baik."

Insiden itu mengingat kekhawatiran pada November lalu ketika Biden mematahkan kakinya setelah tergelincir saat bermain dengan anjing peliharaannya, seekor German Shepherd bernama Major.

Kesenjangan verbal Joe Biden yang terkenal - minggu ini ia secara tidak sengaja menyebut wakil presiden Kamala Harris sebagai "Presiden Harris" - juga telah menarik perhatian kaum konservatif dan oposisi sebagai bukti penurunan akibat usia.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diejek Donald Trump Jr

Donald Trump Jr, putra mantan presiden, men-tweet secara sarkastik tentang jatuhnya Biden: "Jangan perhatikan fakta bahwa Presiden Amerika Serikat sangat lemah sehingga dia terguling berulang kali oleh embusan angin. Tidak ada sama sekali yang patut untuk di lihat di sini!"

Trump Jr juga men-tweet video spoof di mana ayahnya menyerang bola golf yang terbang di udara dan memukul Biden di kepala, menjatuhkannya. "Itu juga bukan angin," tambahnya.

Tetapi Biden hampir tidak sendirian dalam menderita bahaya memiliki kamera TV menonton setiap gerakannya. Mike Pence, mantan wakil presiden, tersandung saat menaiki tangga ke Air Force Two pada Juni 2020 lalu.

Pada bulan yang sama, Donald Trump berjalan menyusuri tanjakan di Akademi Militer AS di West Point, kemudian menjelaskan bahwa dia tahu bahwa jika dirinya jatuh, hal itu akan menjadi bahan eksploitasi oleh media.

Jeffrey Wright, seorang aktor dan aktivis, men-tweet: "Saya tidak peduli apakah Joe Biden jatuh di setiap anak tangga Air Force One seperti orang mabuk semalaman, selama dia terus menggedor pandemi Covid dengan peluncuran vaksin ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.