Sukses

Joe Biden Targetkan 100 Juta Vaksinasi COVID-19 Bakal Terpenuhi Pekan Ini

Presiden AS Joe Biden menyebutkan bahwa target sebanyak 100 juta vaksin COVID-19 akan terpenuhi pada pekan ini.

Liputan6.com, Washinton D.C - Presiden Joe Biden mengatakan Kamis (18/3) bahwa tujuannya untuk mendapatkan 100 juta dosis vaksin virus corona yang diberikan dalam 100 hari pertamanya di kantor akan dipenuhi pada hari Jumat, jauh sebelum target awal.

"Saya dengan bangga mengumumkan bahwa besok, 58 hari dalam pemerintahan saya, kami akan mencapai tujuan saya untuk memberikan 100 juta vaksinasi kepada warga Amerika," katanya dalam pidato Gedung Putih, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (19/3/2021). 

Ketika Biden menjabat pada 20 Januari, program untuk menghentikan pandemi virus corona melalui vaksinasi nasional baru saja berjalan.

Biden awalnya mengatakan dia ingin 100 juta dosis diberikan dalam 100 hari tetapi setelah dengan mudah mencapai target itu, dia mengatakan dia akan mengumumkan patokan baru minggu depan.

"Delapan minggu lalu, hanya delapan persen lansia - mereka yang paling rentan terhadap COVID-19 - telah menerima vaksinasi. Saat ini, 65 persen orang berusia 65 atau lebih telah menerima setidaknya satu suntikan," katanya.

"Itu kuncinya, karena ini adalah populasi yang mewakili 80 persen dari lebih dari 500.000 kematian akibat COVID-19 yang terjadi di Amerika."

Meskipun awalnya ada keraguan tentang target untuk mengeluarkan satu juta vaksin sehari, petugas kesehatan sekarang menyuntikkan antara dua hingga tiga juta suntikan setiap hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efektivitas Vaksinasi

Peluncuran vaksin yang semakin cepat sejalan dengan penurunan tingkat infeksi, yang mengarah pada optimisme bahwa negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut sedang menuju pemulihan yang kuat.

Namun, dengan Eropa berada dalam cengkeraman gelombang baru kasus COVID-19 dan program vaksin tersandung di sana, pejabat kesehatan AS terus memberikan peringatan.

"Ini adalah waktu untuk optimisme, tetapi ini bukan waktu untuk relaksasi," Biden mengingatkan.

"Sekarang bukan waktunya untuk lengah. Dalam seminggu terakhir, kami telah melihat peningkatan jumlah kasus di beberapa negara bagian. Para ilmuwan telah menjelaskan bahwa keadaan mungkin menjadi lebih buruk ketika varian baru dari virus ini menyebar."

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Kerja Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.