Top 3: WHO Tegaskan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Aman Digunakan Terpopuler

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 19 Mar 2021, 09:39 WIB
Diperbarui 19 Mar 2021, 09:59 WIB
Melihat Petugas Medis di Korea Selatan Latihan Suntik Vaksin COVID-19
Perbesar
Petugas medis menghadiri pelatihan cara memberikan suntikan vaksin virus corona di Asosiasi Perawat Korea di Seoul, Korea Selatan (17/2/2021). Korea Selatan berencana untuk memulai inokulasi virus COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca pada 26 Februari mendatang. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Jakarta- WHO kembali menegaskan bahwa vaksin AstraZeneca masih aman untuk melawan COVID-19

Berita tentang WHO yang menegaskan vaksin COVID-19 AstraZeneca aman digunakan menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Jumat (19/3/2021).

Berita populer lainnya membahas tentang Jepang yang tetap akan mencabut status darurat COVID-19 di Tokyo pada 21 Maret.

Meski status darurat akan dicabut, Gubernur Tokyo terus memperingatkan warga agar tetap tidak lengah.

Adapun berita yang paling disorot lainnya, yaitu partai Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang memenangkan pemilu versi hitung cepat.

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

1. WHO Tegaskan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Aman Digunakan

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sambutan pembukaan di acara Bali Democracy Forum secara virtual pada Kamis (10/12/2020).
Perbesar
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sambutan pembukaan di acara Bali Democracy Forum secara virtual pada Kamis (10/12/2020). (Dok: Screenshot Youtube MOFA Indonesia)

WHO kembali menegaskan bahwa vaksin AstraZeneca masih aman untuk melawan COVID-19. Terkait kasus penggumpalan darah, WHO menyebut belum tentu itu terkait vaksin. 

Tromboemboli adalah kejadian ketika terjadi penggumpalan darah. Kasus tersebut membuat pemakaian AstraZeneca dihentikan di Denmark, serta negara-negara Eropa lain.

"Vaksinasi melawan COVID-19 tidak akan mengurangi penyakit atau kematian dari sebab-sebab lain. Kejadian tromboemboli diketahui kerap terjadi. Tromboemboli vena adalah penyakit kardiovaskular yang paling umum nomor tiga di seluruh dunia," ujar pernyataan WHO, seperti dikutip Kamis (18/3/2021).

 

Baca selengkapnya....

2. Jepang Tetap akan Cabut Status Darurat COVID-19 di Tokyo Pada 21 Maret

Aktivitas Warga Tokyo di Tengah Perpanjangan Status Darurat COVID-19
Perbesar
Warga memakai masker untuk melindungi dari penyebaran virus corona berjalan di jalan yang dipenuhi bar dan restoran di Tokyo (8/3/2021). Pemerintah Jepang memperpanjang keadaan darurat di wilayah Tokyo hingga 21 Maret karena sistem medis masih disaring oleh pasien COVID-19. (AP Photo/Koji Sasahara)

Panel penasihat pemerintah Jepang untuk langkah-langkah pencegahan Virus Corona menyetujui sebuah rencana untuk mencabut status darurat COVID-19 di wilayah Tokyo seperti yang dijadwalkan yaitu pada 21 Maret.

Meskipun demikian, Gubernur Tokyo pun terus memperingatkan warga agar tetap tidak lengah.

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga telah mengisyaratkan langkah tersebut, dengan mengatakan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang telah meningkat di Tokyo dan tiga prefektur tetangganya, di mana pembatasan tetap berlaku sejak awal Januari 2021.

 

Baca selengkapnya....

3. Partai PM Belanda Mark Rutte Menang Pemilu Versi Hitung Cepat

20161123-PM Belanda Kunjungi DPR RI-Jakarta
Perbesar
PM Belanda Mark Rutte menyampaikan sambutan saat melakukan kunjungan kerja ke Kompleks Parlemen, Jakarta Rabu (23/11). Kunjungan itu untuk mengadakan pertemuan bilateral guna membahas sejumlah agenda kerja sama RI-Belanda (Liputan6.com/Johan Tallo)

Partai Perdana Menteri Belanda Mark Rutte memenangkan kursi terbanyak dalam pemilihan parlemen, menurut hasil hitung cepat atau quick count. Ini akan menjadi masa jabatan keempat Partai VVD yang dipimpin PM Belanda, meskipun pemerintahnya mengundurkan diri pada Januari karena skandal penipuan kesejahteraan anak.

VVD diproyeksikan memenangkan 36 dari 150 kursi, sedangkan D66 diperkirakan memiliki 27 kursi, dan PVV diharapkan memiliki 17 kursi, demikian dikutip dari laman BBC, Kamis (18/3/2021).

Meski demikian, hasil akhir akan segera diumumkan.

 

Baca selengkapnya....

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓