Sukses

Cegat Serangan Udara, Israel Sempurnakan Sistem Antiroket Iron Dome

Israel telah menyempurnakan sistem antiroketnya yang bernama Iron Dome.

Liputan6.com, Tel Aviv - Israel telah menyempurnakan sistem antiroketnya yang bernama Iron Dome. Sistem itu mampu mencegat berbagai jenis ancaman serangan udara.

Organisasi Pertahanan Rudal di bawah naungan Kementerian Pertahanan Israel dan Rafael Advanced Defense Systems, perusahaan senjata dan pertahanan dari Israel, "berhasil menyelesaikan kampanye uji coba Sistem Senjata Iron Dome," papar Kementerian Pertahanan Israel dalam pernyataannya.

"Kampanye ini, bersama dua uji terbang Iron Dome belum lama ini, menunjukkan peningkatan signifikan dari kemampuan teknologi sistem tersebut," menurut pernyataan tersebut.

Diuji dalam beberapa skenario, sistem ini mencegat dan menghancurkan target yang menyimulasikan serangan beruntun oleh beberapa droneserta serangan beruntun roket dan rudal, lanjut pernyataan itu.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Baru

"Saat menghadapi ancaman yang muncul dan berubah dengan cepat, berbagai kemampuan baru ini menyajikan fleksibilitas operasional bagi jajaran politik dan lembaga pertahanan yang sangat penting bagi keamanan nasional kita," kata Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dalam pernyataannya, seperti dilansir Xinhua, Rabu (17/3/2021).

Iron Dome dirancang untuk mencegat roket jarak dekat. Beroperasi sejak 2011, militer Israel menggunakan sistem ini terutama untuk mencegat roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza.

Iron Dome merupakan bagian dari sistem pertahanan udara multilapis Israel, yang mencakup sistem pertahanan rudal jarak menengah hingga jauh, David's Sling dan rudal antibalistik jarak jauh Arrow-3.

3 dari 3 halaman

Infografis Perdamaian Uni Emirat Arab dan Israel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.