Sukses

Toilet di Restoran Ini Buat Penggunanya Merasa Seperti Sedang Diawasi

Toilet di sebuah restoran membuat pengunjung merasa diawasi.

Liputan6.com, Kaunas - Sebuah kamar mandi di Galeria Urbana, sebuah restoran di Kaunas, Lithuania, menjadi berita utama pada tahun 2018, karena terdapat foto-foto dekorasinya yang unik menjadi viral di internet.

Mengutip dari Oddity Central, Kamis (18/3/2021), pihak restoran itu menugaskan Gyva Grafika, studio desain dan dekorasi kreatif, untuk mendekorasi ulang kamar kecil secara artistik, tetapi tidak ingin mengganti ubin dinding.

Hal ini lantas tidak menghentikan para jenius kreatif di Gyva Grafika untuk menerapkan visi mereka, meskipun itu berarti menuntut mereka untuk berpikir out of the box.

Ide di balik proyek "WC for Architects" adalah dengan membawa sisi luar ke dalam.

Fotografer pergi ke lingkungan Kaunas era Soviet tempat mereka dibesarkan dan mengambil foto fasad gedung apartemen di sana, lengkap dengan beberapa penghuninya melihat ke luar jendela.

"Ada orang yang tidak mempercayai paparazzi yang mereka lihat melalui jendela. Beberapa bahkan keluar untuk menanyai kami," kata juru bicara Gyva Grafika kepada Bored Panda.

"Tapi kami akan memberi tahu mereka tentang proyek seni yang sedang kami kerjakan dan mereka akan dengan senang hati membiarkan kami bekerja."

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak peminat untuk membeli stiker unik

Ide awalnya adalah mencetak beberapa foto gedung apartemen tua di ubin kamar mandi, tetapi karena Galeria Urbana tidak ingin ubin aslinya diganti, desainer harus menemukan solusi lain, maka dibuat dalam bentuk stiker definisi tinggi.

Mereka mencetak foto dalam bentuk stiker dan menempelkannya di ubin kamar mandi, menciptakan efek bangunan apartemen era Soviet di dalam kamar mandi.

Mereka bahkan menyertakan sejumlah jendela apartemen dengan orang-orang melihat keluar dari mereka ke pengguna kamar mandi, yang mungkin membuat pengguna sedikit tidak nyaman.

"Lituania sering kali mengabaikan ruang publiknya," kata Gyva Grafika.

"Banyak orang tinggal di apartemen terbersih tapi begitu mereka melangkah keluar situasinya berubah total. Tangga, pekarangan, dan ruang publik lainnya biasanya ditinggalkan dan diabaikan. Untuk alasan ini, kami telah memutuskan untuk menyeimbangkan lingkungan sehari-hari ini dan memperkenalkan bagian luar ke dalam," tambahnya.

"WC for Architects" sukses besar, membuat studio desain Lituania mendapat banyak pujian atas orisinalitas dan kecerdikan.

Tapi itu bukanlah akhir dari ide awal mereka, orang-orang sangat terkesan dengan idenya sehingga mereka membanjiri studio dengan permintaan untuk membeli stiker gaya yang sama untuk rumah mereka sendiri.

Akhirnya, Gyva Grafika mengalah dan mulai menjual stiker di situsnya.

Stiker ubin artistik ini bisa didapatkan dari toko online Gyva Grafika seharga € 3 atau sekitar 51 ribu rupiah per stiker, € 24 atau sekitar 408 ribu rupiah per bungkus berisi sembilan, € 34 atau sekitar 578 ribu rupiah per bungkus beirisi delapan belas, dan € 52 atau sekitar 884 ribu rupiah per bungkus berisi empat puluh delapan stiker.

 

Reporter: Veronica Gita

3 dari 3 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.