Sukses

Michelle Obama Tak Kaget Dengar Isu Rasisme yang Dihadapi Meghan Markle

Michelle Obama memberikan responsnya terkait pemberitaan rasisme yang dihadapi oleh Meghan Markle di Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, London - Bagi kebanyakan orang kulit berwarna, mendengar Meghan Markle berbicara tentang rasisme dalam keluarga Kerajaan Inggris dianggap tidak lagi mengejutkan. Dan salah satu dari orang-orang yang memiliki pandangan itu adalah mantan ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama.

Dalam wawancara dengan Jenna Bush Hager di acara "Today" NBC, istri dari Barack Obama itu berbicara tentang pemikirannya soal pengalaman Meghan dengan keluarga Inggris.

"Ras bukanlah konstruksi baru di dunia ini bagi orang-orang kulit berwarna. Jadi tidak mengherankan mendengar perasaannya dan mengartikulasikannya," kata Michelle Obama, Selasa 16 Maret.

Dalam wawancara Meghan dengan Oprah Winfrey, yang ditayangkan di AS pada 7 Maret 2021, dia merinci beberapa sikap rasis yang dia temui. Tidak hanya dari pers di Inggris tetapi juga dari dalam keluarga kerajaan.

Terutama, dia mengatakan ada "kekhawatiran dan percakapan" tentang warna kulit anak pertamanya dengan Pangeran Harry, Archie.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jawaban Pihak Istana

Baik Meghan dan Pangeran Harry juga mengatakan bahwa kesehatan mental mereka terus diuji pada saat itu, tetapi kekhawatiran itu segera mereka diabaikan.

Dia merasa sangat tidak didukung, katanya, bahkan dia memiliki pikiran untuk bunuh diri selama kehamilannya.

"Hal yang saya harapkan, dan hal yang saya pikirkan adalah bahwa ini yang pertama dan terpenting adalah sebuah keluarga," kata Michelle Obama.

"Dan saya berdoa untuk pengampunan dan kesembuhan bagi mereka sehingga mereka dapat menggunakan ini sebagai momen yang bisa diajar untuk kita semua."

Dalam sebuah pernyataan setelah wawancara Oprah, Ratu Elizabeth II menyebut tuduhan rasisme "menyangkut" pihak istana akan "ditangani oleh keluarga secara pribadi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.