Sukses

Bukan China, Laporan AS Buktikan Rusia Bantu Trump Jatuhkan Joe Biden pada Pemilu 2020

Sebuah laporan membuktikan bahwa Rusia yang mempengaruhi pemilu AS pada 2020.

Liputan6.com, Washington D.C - Laporan intelijen Amerika yang dirilis pada Selasa (16/3), menyatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan mengarahkan upaya Moskow untuk mencoba mempengaruhi pemilihan presiden AS 2020 dan membantu Donald Trump.

Laporan setebal 15 halaman, yang dirilis oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional, menambahkan tuduhan lama bahwa beberapa letnan atas Trump bermain-main di tangan Moskow dengan memperkuat klaim yang dibuat terhadap calon Joe Biden oleh tokoh-tokoh Ukraina yang terkait dengan Rusia di menjelang pemilihan 3 November.

Mengutip Channel News Asia, Rabu (17/3/2021), bukti tersebut juga menambahkan temuan baru bahwa Putin mengawasi atau setidaknya menyetujui pemilihan yang ikut campur untuk menguntungkan Trump.

Temuan tentang peran Putin kemungkinan akan mendapat perhatian khusus mengingat kesimpulan laporan itu bahwa tokoh-tokoh yang didukung Rusia seperti anggota parlemen Ukraina Andriy Derkach meminta tokoh politik AS yang tidak disebutkan namanya dalam kampanye mereka untuk mencoreng Biden dan putranya Hunter.

Laporan itu menyebut Derkach, yang bertemu dengan pengacara Trump Rudy Giuliani pada 2019, sebagai seseorang yang pergerakannya dilacak, jika tidak diarahkan, oleh Putin.

"Putin memiliki kewenangan atas aktivitas Andriy Derkach," kata laporan itu. 

"Pejabat senior lainnya juga berpartisipasi dalam upaya mempengaruhi pemilihan Rusia - termasuk pejabat senior keamanan dan intelijen nasional yang kami nilai tidak akan bertindak tanpa menerima setidaknya persetujuan diam-diam dari Putin."

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Campur Tangan Rusia

Badan intelijen AS dan mantan Penasihat Khusus Robert Mueller sebelumnya menyimpulkan bahwa Rusia juga ikut campur dalam pemilihan AS 2016 untuk meningkatkan pencalonan Trump dengan kampanye propaganda yang bertujuan merugikan lawan Demokratnya Hillary Clinton.

Mueller menemukan kontak yang luas antara kampanye Trump dan Rusia. 

Trump juga menghadapi pertanyaan tentang hubungan rekan-rekannya dengan Rusia dan tokoh-tokoh terkait Rusia di Ukraina. 

Dewan Perwakilan Rakyat AS memakzulkan Trump pertama kali pada 2019 atas tuduhan yang timbul dari permintaannya agar Ukraina menyelidiki Bidens.

Laporan intelijen AS juga menemukan upaya asing lainnya untuk mempengaruhi pemilih Amerika pada tahun 2020 termasuk "kampanye pengaruh terselubung multi-cabang" oleh Iran yang dimaksudkan untuk melemahkan Trump. 

Sebagai presiden, Trump menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir internasional dengan Iran dan menjatuhkan sanksi baru.

3 dari 3 halaman

Singgung China

Laporan itu juga menyinggung kontra-narasi yang didorong oleh sekutu Trump bahwa China ikut campur atas nama Biden, menyimpulkan bahwa Beijing "tidak mengerahkan upaya gangguan".

"China mencari stabilitas dalam hubungannya dengan Amerika Serikat dan tidak melihat hasil pemilu mana pun yang cukup menguntungkan bagi China untuk mengambil risiko pukulan balik jika tertangkap," kata laporan itu.

Para pejabat AS mengatakan mereka juga melihat upaya Kuba, Venezuela, dan kelompok militan Lebanon Hizbullah untuk mempengaruhi pemilihan, meskipun "secara umum, kami menilai bahwa skala mereka lebih kecil daripada yang dilakukan oleh Rusia dan Iran".

Kedutaan Besar Rusia, China, dan Kuba di Washington tidak segera membalas pesan yang meminta komentar terkait hal ini. 

Misi Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Kementerian Informasi Venezuela juga tidak segera menanggapi permintaan komentar. Moskow, Beijing, dan Teheran secara rutin menyangkal tuduhan spionase dunia maya dan campur tangan pemilu.

Laporan tersebut menilai bahwa para pemimpin Rusia "lebih suka mantan Presiden Trump memenangkan pemilihan kembali meskipun menganggap beberapa kebijakan pemerintahannya sebagai anti-Rusia", dengan penulisnya menambahkan, "Kami memiliki kepercayaan tinggi dalam penilaian ini."

Peran kunci juga dimainkan oleh pihak lain dengan hubungan intelijen Rusia, yakni Konstantin Kilimnik, menurut laporan itu. 

Dikatakan Kilimnik dan Derkach bertemu dan memberikan materi kepada orang-orang yang terkait dengan Trump untuk mendorong penyelidikan formal, dan Derkach merilis empat rekaman audio untuk mencoba menunjukkan bahwa Biden telah mencoba melindungi putranya Hunter dari penyelidikan korupsi di Ukraina. Giuliani termasuk di antara mereka yang mempromosikan klaim tersebut.

Kilimnik adalah rekan Paul Manafort, yang menjabat sebagai ketua kampanye Trump 2016. Trump tahun lalu memaafkan Manafort atas tuduhan kriminal yang berasal dari penyelidikan Mueller.

Agen Rusia juga mencoba meretas anak perusahaan perusahaan energi Ukraina Burisma, "kemungkinan dalam upaya untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan keluarga Presiden Biden", katanya. Hunter Biden pernah bertugas di dewan Burisma.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.