Sukses

Pertama Kali, Hamas Tunjuk Perempuan Gaza Terlibat dalam Biro Politik

Untuk pertama kalinya, Hamas memilih perempuan Gaza untuk biro politiknya.

Liputan6.com, Gaza- Kelompok Hamas telah memilih seorang perempuan dalam posisi di biro politiknya untuk pertama kalinya.

Dilansir AFP, Senin (15/3/2021) Hamas sebelumnya mengumumkan terpilihnya kembali Yahya Sinwar sebagai kepala sayap politiknya di Gaza pada 10 Maret 2021.

Kemudian pada Minggu (14/3) Hamas mengungkapkan identitas 20 anggota biro politiknya setelah pemungutan suara internal menjelang pemilihan legislatif pada 22 Mei dan pemilihan presiden pada 31 Juli mendatang- akan menjadi pemilihan Palestina pertama dalam 15 tahun terakhir.

Dan di antara 20 anggota tersebut ada dua orang perempuan, yaitu Jamila Al-Shantee dan Fatima Shurab. 

Siaran pers Hamas menyebutkan, Shantee menjadi "perempuan pertama yang dipilih" untuk biro politik.

"Hamas ingin mengirim sinyal positif kepada komunitas internasional dan seluruh kawasan dengan mengubah citranya dan menunjukkan bahwa ia terbuka dan perempuan terwakili," kata Adnan Abou Amer, profesor politik dan media di Universitas Islam Gaza.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemilihan Internal

Hamas juga akan mengadakan pemilihan internal untuk ketua umumnya, dalam beberapa bulan mendatang, dengan petahana yang berbasis di Qatar, Ismail Haniyeh - diperkirakan akan mencalonkan diri menyaingi wakilnya Jamal al-Aruri dan mantan kepala Hamas, Khaled Meshal.

Diketahui bahwa gerakan Palestina tersebut telah berperang tiga kali dengan Israel sejak 2008.

Mahkamah Pidana Internasional (ICC) telah membuka penyelidikan yang akan melihat dugaan kejahatan perang yang mungkin dilakukan oleh Israel dan Hamas selama konflik tahun 2014 lalu.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.