Sukses

4 Seni Bela Diri Asia Tenggara dalam Film Disney's Raya and the Last Dragon

Berikut 4 seni bela diri Asia Tenggara dalam film Disney's Raya and the Last Dragon.

Liputan6.com, Jakarta - Rupanya, film Disney's Raya dan the Last Dragon cukup menjadi hype baru-baru ini, terutama untuk orang-orang keturunan Asia Tenggara.

Bagaimanapun, ini adalah film pertama yang berpusat di Asia Tenggara dalam sejarah studio animasi Amerika Serikat itu, menandai pembukaan mata dan telinga yang signifikan untuk pemirsa setianya yang memiliki cukup banyak penggemar di Asia Tenggara. Banyak di antaranya telah tumbuh menonton semua film Disney, tetapi belum pernah melihat representasi masyarakat mereka di layar lebar.

Banyak hal kecil terkait identitas Asia Tenggara yang tersebar di seluruh film animasi itu, seperti makanan, perilaku, dan bahkan penampilan fisik karakter. Tapi ada satu hal yang paling menonjo: seni bela diri yang ditampilkan dalam film.

Meskipun Raya and the Last Dragon bukan film tentang seni bela diri, luar biasa melihat film itu memamerkan seni bela diri dari Asia Tenggara ke audiens yang lebih luas.

Berikut, 4 seni bela diri dari Asia Tenggara di dalam film Raya and the Last Dragon, seperti dikutip dari Mashable, Minggu (14/3/2021).

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pencak Silat

Umumnya dipraktekkan di tempat-tempat di sepanjang Kepulauan Melayu, yaitu, Malaysia dan Indonesia, silat datang dalam lebih dari 1.000 bentuk yang berbeda, dengan sebagian besar dari mereka mengambil inspirasi dari unsur-unsur alam, seperti tanaman atau hewan.

Gerakan sering meniru bentuk masing-masing nama silat. Misalnya, silat harimau menempatkan penekanan pada bergerak seperti harimau, menerkam lawan dan menargetkan titik tekanan yang rentan.

Jenis persenjataan yang digunakan dalam silat mulai dari keris (belati) hingga parang (parang). Sering kali, penggunaan senjata ini sangat dimasukkan dengan gerakan alami seni bela diri, membuatnya terlihat mulus, hampir seolah-olah senjata itu sendiri adalah perpanjangan dari tubuh.

Debut pertama kali sebagai olahraga kompetitif di SEA Games 1979, yang digelar di Jakarta, Indonesia, sejak itu, seni bela diri telah berkembang dalam hal jumlah dan keragaman praktisi. Ini adalah seni bela diri tradisional yang meningkat di Eropa dan Amerika Utara juga!

 

3 dari 5 halaman

2. Arnis

Juga dikenal sebagai kali atau eskrima, arnis ditetapkan sebagai olahraga nasional dan seni bela diri Filipina. Seperti kebanyakan seni bela diri, arnis terutama digunakan untuk pertahanan diri, menggabungkan grappling, pertempuran tangan-ke-tangan, kuncian, dan teknik melucuti senjata.

Dari sudut pandang hiburan murni, arnis adalah salah satu seni bela diri yang lebih 'hidup' di Asia Tenggara, sering memanfaatkan baston (tongkat) khas seni sebagai senjata utama pilihan. Ini meningkatkan tingkat pertempuran, dan membuat tontonan besar dalam kompetisi yang disetujui secara resmi. Beberapa kali penggunaan bolo (pisau) juga diizinkan.

Arnis kompetitif hadir dalam dua bentuk yang berbeda: Anyo (berbasis gerakan) dan leban (pertarungan). Yang pertama dinilai berdasarkan kelancaran dan keanggunan koreografi, sementara yang terakhir dinilai berdasarkan kelincahan, reaksi, dan jumlah serangan yang masuk menjadi poin.

Seni bela diri ini secara resmi dinyatakan sebagai olahraga nasional pada 11 Desember 2009, mengukuhkan statusnya sebagai warisan dan harta nasional Filipina.

 

4 dari 5 halaman

3. Muay Thai

Salah satu olahraga pertempuran jarak dekat paling populer di dunia, tidak heran orang-orang menyebut muay thai sebagai 'seni delapan anggota badan'. Dengan praktisi menggunakan siku, tinju (untuk memukul), lutut, dan kaki (untuk menendang), seluruh tubuh pada dasarnya adalah satu senjata raksasa.

Jangan salah menyamakannya dengan tinju gaya Barat, meskipun nama Inggrisnya disebut 'Thai kick boxing', satu-satunya kesamaan nyata yang dibagikan kedua olahraga satu sama lain adalah penggunaan sarung tangan tinju dan celana pendek berwarna-warni. Dan di situlah kesamaan berakhir.

Bukti popularitas globalnya dapat dilihat dalam kompetisi seni bela diri campuran (MMA), dengan sejumlah besar praktisi profesional yang menggunakan gaya mencolok muay thai khas untuk dipakai dan mengalahkan lawan mereka.

Ini juga salah satu olahraga tempur paling berbahaya di dunia, dengan banyak praktisi Thailand memulai karier mereka pada usia yang sangat muda, pada dasarnya dibesarkan dan dirawat untuk menjadi praktisi Muay Thai yang terampil secara ahli. Hasil di atas ring seringkali dapat membuat praktisi memar berat dan berdarah. Tapi sekali lagi, mereka dilatih untuk menerima rasa sakit semacam itu.

 

5 dari 5 halaman

4. Dau Vat

Đấu Vật, atau gulat tradisional Vietnam, dapat dilihat lebih sebagai tarian koreografi atau seni pertunjukan dengan elemen combative. Tujuannya adalah untuk menjatuhkan lawan ke tanah, memastikan bahwa mereka terlentang, dada menghadap langit. Jika dilakukan sebaliknya, itu tidak dihitung sebagai kekalahan.

Apa yang membuat seni bela diri ini menarik adalah fakta bahwa praktisi tidak diizinkan untuk menyerang satu sama lain. Hanya bergulat yang diperbolehkan. Dalam artian, itu seperti gulat sumo, tetapi para pejuang tidak harus menjadi orang besar.

Karena lawan bertarung didasarkan pada kelas berat badan tubuh, Anda tidak akan sering melihat orang-orang diangkat di udara sebagai sarana kekalahan. Tapi itu bukan berarti itu tidak terjadi sama sekali. Menambah aspek performatif dari seni bela diri adalah penggunaan drum untuk mencocokkan laju pertarungan, meningkat intensitasnya saat kekalahan mendekat.

Olahraga ini berlangsung sepanjang tahun, tetapi menjadi tontonan besar selama Tet, hari libur nasional yang menandai Tahun Baru Imlek Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.