Sukses

Di Malaysia, Pembukaan Sekolah-Belajar Tatap Muka Picu Klaster COVID-19

Meskipun telah menerapkan prosedur operasional yang ketat, klaster COVID-19 di sekolah tetap bermunculan di Malaysia usai melaksanakan kembali pembelajaran tatap muka.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kasus COVID-19 harian di Malaysia relatif menurun sejak negara itu memberlakukan lockdown atau Movement Control Order (MCO) kedua sejak Januari 2021.

Namun bukan berarti negara Asia Tenggara itu bisa bernapas lega.

Pemerintah Negeri Jiran baru-baru ini melonggarkan langkah-langkah karantina secara nasional, memungkinkan ruang publik untuk dibuka kembali bersama dengan sekolah-sekolah.

Namun, meskipun telah menerapkan prosedur operasional yang ketat, klaster COVID-19 muncul, terutama di sekolah, demikian seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (13/3/2021).

Sekolah-sekolah di Malaysia dibuka kembali pada 1 Maret, dan orang tua sudah membuat petisi untuk menyerukan penutupan mereka.

Salah satunya adalah Raja Nurul Huda Raja Halimul Rashid. Menurut New Straits Times, orang tua memutuskan untuk membuat petisi setelah sekolah dasar anak-anaknya mencatatkan empat kasus positif. Semuanya adalah siswa.

Sekolah yang berlokasi di Subang Jaya ini terpaksa menutup tiga kelas dan memerintahkan seluruh siswa dan 17 guru untuk menjalani karantina rumah.

Namun, lebih dari 452 penandatangan petisi menuntut agar seluruh sekolah ditutup sementara untuk menghentikan penularan.

Raja menambahkan bahwa praktis untuk melakukannya karena meskipun sekolah dibuka kembali, banyak orang tua menolak untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah.

"Meskipun upaya untuk tetap mmebukanya, kehadiran tetap rendah karena ketakutan. Dengan masa tinggal di rumah yang lebih lama untuk anak-anak dan guru, ada lebih banyak keamanan bagi orang tua untuk mengirim mereka kembali di kemudian hari (16 Maret) dan inilah yang kami inginkan di akhir," katanya.

Lebih lanjut, ia merasa keselamatan anak-anak dan guru adalah nomor satu dalam daftar prioritas. Dia percaya bahwa masa karantina yang cukup akan membantu menghilangkan rasa takut orang tua ini.

Pandemi COVID-19 di Malaysia juga telah secara signifikan menunda ujian nasional alias Sijil Pelajaran Malaysia (SPM). Ujian, yang biasanya berlangsung antara Oktober - November setiap tahun, harus dijadwalkan ulang menjadi Maret.

Namun, dengan kasus meningkat di sekolah, beberapa telah memiliki surat-surat mereka terganggu. Misalnya, putra M. Ravin, yang duduk untuk makalah Kimia dan Matematika Tambahan, harus menjadwal ulang ujian hingga April setelah beberapa teman sekelasnya dites positif.

Hal ini hanya menambah stres yang dihadapi oleh siswa, guru, dan orang tua.

"Setelah satu tahun penundaan, mereka juga membutuhkan jaminan bahwa mereka akan mendapatkan hasil mereka pada saat yang sama dengan mereka yang mengambil kertas terlebih dahulu. Anak saya dan teman-teman juga khawatir ujian mereka akan lebih sulit," kata Ravin.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Jangka Panjang

Sementara dampak jangka pendek dari pandemi jelas, ada kekhawatiran atas dampak jangka panjang.

Misalnya, generasi siswa sekolah saat ini berpotensi berjuang secara akademis karena gangguan yang mereka alami. Ini bisa tumpah ke kehidupan mereka, dan berpotensi, karier.

Di sisi lain, kesehatan mereka juga sama pentingnya. Dengan COVID-19 masih ditularkan di antara orang-orang dan fakta bahwa kita menemukan mutasi baru, ketakutan di antara orang tua, siswa, dan guru adalah hal yang nyata.

Ini adalah kenyataan sulit dan bagaimana Kementerian Pendidikan Malaysia menanggapi hal ini akan menetapkan nada bagaimana bangsa mengatasi tantangan-tantangan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.