Sukses

8 Perusahaan Vaksin COVID-19 Dunia yang Raup Keuntungan Miliaran Dolar

Berikut, 8 perusahaan vaksin COVID-19 yang telah atau akan meraup keuntungan besar hingga miliaran dolar.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan vaksin COVID-19 menjanjikan kembali ke kehidupan yang lebih normal - dan telah menciptakan pasar global senilai puluhan miliar dolar dalam penjualan tahunan untuk beberapa perusahaan farmasi.

Di antara pemenang terbesar adalah Moderna dan Pfizer - dua perusahaan farmasi AS yang keduanya mengenakan biaya lebih dari $ 30 per orang untuk perlindungan vaksin dua dosis mereka.

Tetapi pembuat obat lain, seperti AstraZeneca Inggris-Swedia dan farmasi AS Johnson & Johnson, telah berjanji untuk memberikan vaksin mereka secara nirlaba sampai pandemi berakhir.

Apakah pasar tetap menjadi pemintal uang di masa depan tergantung pada apakah vaksin COVID-19 mendatang akan menjadi jenis yang hanya membutuhkan satu kali suntikan - seperti untuk campak - atau jika vaksinasi reguler akan diperlukan, seperti untuk flu. Tetapi dalam waktu dekat, ada pengembalian keuangan besar yang diperebutkan.

Berikut, 8 perusahaan vaksin COVID-19 yang telah meraup keuntungan besar, seperti dikutip dari the Guardian, Minggu (7/3/2021):

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Vaksin mRNA Pfizer/BioNTech

Vaksin Covid-19 Pfizer, yang dikembangkan dengan BioNTech Jerman, didasarkan pada RNA yang direkayasa ulang - molekul yang mengirim instruksi genetik dari DNA ke mesin pembuat protein sel.

Ini adalah yang pertama disetujui di dunia dan harus disimpan pada suhu ultra-rendah (-70C).

Pemerintah telah memerintahkan sekitar 780m tembakan, termasuk AS yang membeli 200 juta dosis senilai 3,9 miliar dolar AS dan komisi Uni Eropa yang membeli 300 juta dosis, sementara 40 juta dosis akan pergi ke negara-negara berpenghasilan rendah melalui fasilitas Covax.

Harga yang harus dibayar satu orang untuk dua dosis berkisar antara 28 - 30 dolar AS.

Perkiraan penjualan di 2021: $15 - $30 miliar dolar

Pfizer, yang membagi biaya dan margin laba secara merata dengan BioNTech, mengharapkan nilai pemasukan 15 miliar dolar AS pada 2021 berdasarkan penawaran saat ini.

Jumlah akhir bisa dua kali lebih tinggi, karena Pfizer mengatakan berpotensi memberikan dosis sebanyak 2 miliar tahun ini. Analis Barclays Carter Gould memprediksi penjualan $ 21.5 miliar pada tahun 2021, $ 8.6 miliar tahun depan dan $ 1.95 miliar pada tahun 2023, dengan asumsi bahwa suntikan diberikan sebagai dosis satu kali.

Perubahan harga saham selama 12 bulan terakhir

Pfizer: +1.8%

BioNTech: +156%

Kedua pendiri BioNTech, tim suami istri Ugur Sahin dan Özlem Türeci - kedua dokter - menjadi multi-miliarder tahun lalu, ketika potensi vaksin dan kesepakatan dengan Pfizer mendorong saham untuk melonjak.

 

3 dari 9 halaman

2. Vaksin mRNA Moderna

Vaksin yang diproduksi oleh perusahaan bioteknologi AS, yang berbasis di Massachusetts, harus disimpan pada suhu freezer (-20C).

Inggris telah memesan 17 juta dosis, Uni Eropa membeli 310 juta dosis dengan opsi untuk 150 juta dosis lebih lanjut pada tahun 2022, sementara pemerintah AS memerintahkan 300 juta dosis. Jepang membeli 50 juta dosis.

Moderna mengenakan biaya $ 30 untuk dua dosis yang diperlukan di AS dan $ 36 di UE.

Ekspektasi penjualan pada 2021: $18 - $20 miliar

Moderna telah mengatakan pihaknya mengharapkan penjualan 2021 sebesar $ 18.4 miliar. Analis Barclays Gena Wang memperkirakan penjualan $ 19.6 miliar. Selanjutnya $ 12.2 miliar pada 2022, dan $ 11.4 miliar pada tahun 2023, dengan asumsi vaksinasi berulang.

Perubahan harga saham selama 12 bulan terakhir: +372%

Sekelompok investor yang mendukung perusahaan ketika didirikan pada tahun 2010 akan membuat pengembalian besar. Kepala eksekutif, Stéphane Bancel, seorang eksekutif Prancis berusia 48 tahun, memiliki 9% saham, sekarang bernilai hampir $ 5 miliar.

 

4 dari 9 halaman

3. Vaksin Adenovirus Johnson & Johnson

Vaksin J&J, vaksin Covid-19 single-shot pertama di dunia, dikembangkan oleh divisi Janssen-nya di Belgia. Ini menggunakan adenovirus-26, varian langka dari virus dingin.

Itu disetujui di AS pada akhir Februari 2021 dan dapat disimpan pada suhu lemari es standar selama setidaknya tiga bulan. Pesanan besar termasuk AS, Inggris (30 juta dosis plus opsi untuk 22 juta tambahan), Uni Eropa (hingga 400 juta dosis), dan negara-negara Covax (500 juta dosis hingga 2022).

Perkiraan penjualan di 2021: hingga $ 10 miliar

Perusahaan bertujuan untuk memberikan setidaknya 1 miliar dosis tahun ini, yang akan menghasilkan $ 10 miliar pemasukan. Pemerintah AS telah memerintahkan 100 juta dosis, dengan opsi untuk membeli 200 juta dosis tambahan.

Satu orang membayar $ 10 untuk satu kali suntikan.

Perubahan harga saham selama 12 bulan terakhir: +7.7%

 

5 dari 9 halaman

4. Vaksin Adenovirus AstraZeneca

Vaksin yang dikembangkan dengan Universitas Oxford menggunakan virus dingin simpanse yang dimodifikasi dan dapat disimpan pada suhu lemari es. Vaksin vektor virus menggunakan virus yang tidak berbahaya untuk memberikan sepotong kode genetik ke sel.

Pesanan besar telah datang dari Inggris yang memesan 100 juta dosis, Uni Eropa hingga 400 juta dosis, AS 300 juta dosis, dan Jepang 120 juta dosis.

Ekspektasi penjualan pada 2021: $2 - $3 miliar.

Analis di SVB Leerink memperkirakan penjualan $ 1.9 miliar tahun ini dan $ 3 miliar pada tahun 2022. Angka 2021 bisa jauh lebih tinggi jika AstraZeneca mencapai target ambisius 3 miliar dosis yang siap didistribusikan.

Perusahaan telah berjanji untuk memasok vaksin secara nirlaba selama pandemi ini, dan mengenakan biaya $ 4.30 hingga $ 10 untuk dua dosis.

Perubahan harga saham dalam 12 bulan terakhir: -8.6%

 

6 dari 9 halaman

5. Vaksin Virus Inaktif Sinovac

Vaksin CoronaVac telah diberikan untuk penggunaan darurat di beberapa kota China sejak musim panas lalu, dan disetujui oleh regulator China pada awal Februari 2021.

Sinovac, yang berbasis di Beijing, telah mencapai kesepakatan dengan Brasil, Chile, Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Filipina.

Pada Januari 2021, Turki dan Indonesia memulai kampanye vaksinasi mereka dengan vaksin ini. Sinovac juga berencana untuk memasok 10 juta dosis vaksin ke negara-negara Covax.

Ekspektasi penjualan pada tahun 2021: miliaran dolar, tetapi tidak jelas.

Sinovac mengatakan dapat menghasilkan lebih dari 1 miliar dosis tahun ini. Vaksin telah dihargai $ 60 untuk dua suntikan di beberapa kota China. Mitra Indonesia Sinovac, Bio Farma, yang telah memesan setidaknya 40 juta dosis, mengatakan biayanya $ 27.20 untuk dua dosis lokal.

Perubahan harga saham dalam 12 bulan terakhir: -21.6%

 

7 dari 9 halaman

6. Vaksin Adenovirus Gamaleya Institute/Dana Investasi Langsung Rusia

Meskipun belum disetujui oleh regulator Uni Eropa, Hungaria dan Slowakia telah membeli vaksin Rusia Sputnik V.

Secara total, lebih dari 50 negara, termasuk Iran, Aljazair dan Meksiko, telah memesan vaksin ini. AstraZeneca sedang menguji kombinasi dua tembakan vaksinnya dengan Sputnik.

Ekspektasi penjualan pada tahun 2021: tidak jelas tetapi mungkin miliaran

Para pengembang berjuang untuk memproduksi Sputnik secara massal di Rusia, tetapi RDIF, sovereign wealth fund Rusia, mengatakan kepada Financial Times bulan lalu bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan 15 produsen di 10 negara untuk menghasilkan 1,4 miliar dosis.

Para pengembang telah mengatakan mereka akan mengenakan biaya $ 20 atau kurang untuk dua dosis yang diperlukan secara internasional tetapi menyediakannya gratis di Rusia.

 

8 dari 9 halaman

7. Vaksin protein rekombinan Novavax (Novavax)

Vaksin Novavax menggunakan fragmen kecil dari versi buatan laboratorium protein lonjakan Sars-CoV-2. Perusahaan AS berharap adanya persetujuan regulasi di Inggris, AS, dan negara-negara lain pada paruh pertama.

Perusahaan telah meneliti vaksin selama lebih dari 30 tahun dan belum pernah sebelumnya memiliki vaksin yang disetujui.

Sejauh ini telah setuju untuk memasok 300 juta dosis, termasuk Inggris sebanyak 60 juta dosis, UE, Kanada dan Australia.

Novavax berharap dapat menghasilkan 150 juta dosis sebulan dan diperkirakan akan lebih murah daripada saingan.

Menurut Financial Times, perusahaan telah setuju untuk mengenakan biaya $ 3 tembakan di Afrika. Vaksin juga akan dibuat di Stockton-on-Tees, di Inggris timur laut, dan dapat disimpan pada suhu lemari es.

Ekspektasi penjualan pada tahun 2021: 'beberapa miliar dolar'

Berdasarkan kesepakatan ini, Novavax mengatakan bahwa pihaknya melihat "potensi pendapatan beberapa miliar dolar dalam 12 bulan ke depan". Ini diperkirakan naik, karena Novavax mengharapkan untuk dapat membuat dosis 2 miliar setahun pada pertengahan 2021, berkat kemitraan dengan Serum Institute of India.

Perubahan harga saham dalam 12 bulan terakhir: +1,128%

Keuntungan finansial terbesar akan masuk ke manajer dana seperti Vanguard dan BlackRock, yang merupakan pemegang saham terbesar.

 

9 dari 9 halaman

8. Vaksin mRNA CureVac

CureVac mengharapkan untuk menerbitkan hasil tahap akhir untuk vaksin CVnCov pada bulan April 2021 dan berharap untuk mendapatkan persetujuan Uni Eropa pada bulan Juni.

Uni Eropa telah memesan 225 juta dosis sebelumnya dengan opsi untuk membeli 180 juta dosis lebih lanjut.

Tidak seperti vaksin mRNA lainnya, bidikan CureVac dapat disimpan pada suhu lemari es. Bersama dengan GSK, yang memiliki hampir 10% dari perusahaan Jerman, CureVac berusaha mengembangkan bidikan generasi berikutnya untuk beberapa varian Covid-19 yang muncul dalam satu vaksin.

Ekspektasi penjualan yang diharapkan pada tahun 2021: tidak jelas - harga belum terungkap, namun diperkirakan akan mencapai miliaran dolar.

Bioteknologi yang terdaftar di Nasdaq bertujuan untuk menghasilkan hingga 300 juta dosis tahun ini dan 600 juta - 1 miliar dosis pada tahun 2022.

Perubahan harga saham: +45.5%

Pemegang saham terbesar adalah miliarder Jerman Dietmar Hopp, salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak SAP. Dia memiliki lebih dari 80% CureVac, sekarang bernilai lebih dari $ 12 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.