3 Penampakan UFO yang Diklaim Terlihat di Langit Asia

Oleh Liputan6.com pada 04 Mar 2021, 19:40 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 19:40 WIB
Penculikan oleh alien (5)
Perbesar
Ilustrasi UFO di tengah malam. (Sumber Pixabay/photovision via Creative Commons)

Liputan6.com, Jakarta - Penampakan benda asing yang tidak dikenal, atau lebih dikenal sebagai UFO ini, memang selalu menarik banyak perhatian masyarakat. Dan rupanya penampakan tersebut selalu bikin heboh.

UFO diidentikkan dengan kendaraan yang digunakan oleh makhluk alien dari luar angkasa.

Tak sedikit klaim dari beberapa orang yang melihat penampakan UFO. Bahkan Pentagon (markas besar Departemen Pertahan Amerika Serikat) mempelajari secara khusus fenomena ini. Pentagon menyebut misi itu sebagai bagian dari program rahasia yang ditutup sejak diluncurkan atas perintah mantan Senator Harry Reid dari Nevada.

Baru-baru ini sebuah benda yang tidak dikenal melintasi langit Kota Sendai, Jepang pada 17 Juni 2020 lalu. Beberapa orang mengklaim bahwa benda berbentuk bola besar berwarna putih itu diyakini sebagai UFO.

Namun, Badan Meteorologi Jepang membantah klaim tersebut. Berdasarkan pengamatan, benda itu merupakan alat untuk memantau cuaca dan dijual bebas.

Selain Jepang, juga terdapat desas-desus mengenai fenomena penampakan UFO yang diklaim muncul di langit Asia oleh sebagian orang. Berikut 3 peristiwa penampakan UFO yang terlihat di langit Asia:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

1. Jepang

Bintang 5: Penampakan UFO, Keajaiban Dunia, Ubur ubur Tercantik
Perbesar
Bintang 5 kali ini akan membahas tentang penampakan UFO, keajaiban dunia yang tersembunyi, dan ubur-ubur tercantik di dunia. (Ilustrasi UFO: YouTube.com)

Jepang tampaknya menjadi sarang penampakan UFO, dengan "bola hijau berkedip" dilaporkan di langit di atas Niigata pada November 2016 dan "10 bola putih" mengambang di atas Osaka pada Juli 2015.

"Cahaya misteri" juga disaksikan oleh lusinan orang di Okinawa pada Januari 2014.

Pada September 2009, Miyuki Hatoyama, istri Perdana Menteri Yukio Hatoyama, menjadi berita utama atas sebuah buku yang dia klaim memiliki pengalaman di luar bumi 20 tahun sebelumnya.

"Saat tubuh saya tertidur, saya pikir jiwa saya mengendarai UFO berbentuk segitiga dan pergi ke Venus," tulisnya.

"Itu adalah tempat yang sangat indah dan sangat hijau." Suaminya dilaporkan memberi tahu dia bahwa itu mungkin hanya mimpi.

Namun, ada juga yang skeptis terhadap UFO. Bagi mereka, peristiwa seperti penampakan bola berkilau di dataran tinggi di utara Jepang pada awal musim panas, dan video Pentagon, hanyalah misteri yang belum terpecahkan.

3 dari 5 halaman

2. China

Ilustrasi UFO
Perbesar
Ilustrasi UFO (AFP)

Sebuah benda terbang tak dikenal (UFO) memaksa Bandara Xiaoshan di Hangzhou, China untuk menghentikan operasinya pada 7 Juli 2020.

Seorang awak pesawat yang bersiap untuk turun pertama kali mendeteksi objek tersebut sekitar pukul 08:40 malam waktu setempat, dan memberi tahu departemen kontrol lalu lintas udara. Otoritas penerbangan menanggapi dalam beberapa menit, menghentikan penerbangan keluar dan mengalihkan yang masuk ke bandara di Ningbo dan Wuxi.

Delapan belas penerbangan terpengaruh. Meskipun operasi normal dilanjutkan satu jam kemudian, insiden itu menarik perhatian media China dan memicu spekulasi tentang identitas UFO.

"Menurut pendapat saya, UFO bukanlah rudal AS atau satelit Rusia. Saran bahwa itu adalah makhluk luar angkasa bahkan lebih tidak masuk akal. Semuanya, gunakan kepalamu. Ini jelas merupakan fenomena buatan manusia. AS atau Rusia berisiko memprovokasi kemarahan China dengan menembakkan rudal atau roket satelit di langit China, tanpa peringatan? Saya yakin militer China bertanggung jawab atas UFO tersebut. Ini adalah rudal atau pesawat baru yang sedang diuji," tulis seorang pengguna internet.

Memicu spekulasi lebih lanjut, penduduk Hangzhou merilis foto, yang diambil pada sore hari sebelum penundaan, dari objek melayang bermandikan cahaya keemasan dan menunjukkan ekor seperti komet. Kurang dari satu jam sebelum bandara Xiaoshan ditutup, warga mengatakan mereka juga melihat benda terbang yang memancarkan sinar merah dan putih.

Foto-foto yang diambil oleh penduduk Hangzhou mungkin tidak ada hubungannya dengan UFO yang menutup Bandara Xiaoshan. Menurut otoritas meteorologi Hangzhou, warga di sore hari mungkin melihat pantulan cahaya dari pesawat. 

4 dari 5 halaman

3. Korea

Penculikan oleh alien (3)
Perbesar
Ilustrasi UFO di tengah malam. (Sumber Max Pixel untuk ranah publik via Creative Commons)

Seorang penumpang pesawat merekam video benda putih oval misterius yang terbang di atas Seoul, Korea Selatan, pada 7 April 2020. Video tersebut telah ramai Internet sejak itu, dan tentu saja banyak orang menawarkan penjelasan tentang benda asing tersebut.

Seperti yang biasa terjadi hari ini, klip UFO diunggah ke YouTube, dan telah dilihat jutaan kali. Beberapa komentar mengatakanm itu jelas merupakan pesawat luar angkasa; yang lain bersikeras itu palsu. Yang lain lagi mengatakan itu bukan keduanya, melainkan benda nyata - seperti kantong plastik yang tertiup angin hingga parasut yang terlihat di langit.

Selain anonimitas juru kamera, video tersebut menimbulkan beberapa tanda tanya tentang keasliannya.

Meskipun petunjuk internal ini menunjukkan ada sesuatu yang tidak beres dengan video tersebut, pertanyaannya tetap: Apakah itu benda nyata?

 

Reporter: Lianna Leticia

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓