Sukses

Hari Tanpa Bayangan Matahari Bakal Terjadi di Jakarta 4 Maret Pukul 12 Siang

Hari tanpa bayangan matahari akan terjadi pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Sains Antariksa LAPAN menginformasikan bahwa tepat pada hari ini, Kamis (4/3/2021), akan terjadi fenomena Hari Tanpa Bayangan Matahari di Jakarta tepatnya pukul 12.00 WIB.

Sebagai latar belakang geografis, Indonesia terbentang dari 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan sekaligus membelah garis khatulistiwa. Dengan kondisi tersebut, Matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada pekan keempat di bulan Februari hingga pekan pertama di bulan April.

Ketika fenomena tersebut terjadi, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, yang kemudian fenomena tersebut dinamakan Hari Tanpa Bayangan Matahari

Fenomena ini terjadi sebanyak dua kali dalam setahun di kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. 

Kemudian untuk kota-kota yang letaknya tepat di Garis Balik Utara dan Selatan, akan mengalami hari tanpa bayangan sebanyak satu kali dalam setahun yakni ketika Solstis Juni (21-22 Juni) maupun Solstis Desember (21-22 Desember). 

Untuk di luar wilayah tersebut, Matahari tidak akan berada di atas kepala kita ketika tengah hari sepanjang tahun. 

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terjadi di Jakarta Pukul 12 Siang

Fenomena ini akan terjadi di waktu yang berbeda untuk setiap kota di Indonesia.

Di Jakarta sendiri, Hari Tanpa Bayangan Matahari akan terjadi tepat pukul 12 siang. Sementara kota-kota lain, ada yang sudah mengalaminya sejak tanggal 3 Maret lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.