Top 3: Sri Lanka Siapkan Pulau Kecil untuk Pemakaman Jenazah COVID-19 Sedot Perhatian

Oleh Benedikta Miranti Tri Verdiana pada 04 Mar 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 10:22 WIB
Kasus Positif Covid-19 di Sri Lanka
Perbesar
Petugas mengambil sampel usap (swab) dari warga untuk Tes Cepat Antigen COVID-19 di Wellawatta, Kolombo, pada 8 Desember 2020. Jumlah pasien positif COVID-19 di Sri Lanka telah melampaui angka 28.000 pada Selasa (8/12) usai lebih dari 600 pasien terdeteksi pada hari sebelumnya. (Xinhua/Ajith Perera)

Liputan6.com, Jakarta - Berita paling banyak dibaca edisi Kamis (4/3/2021) meliputi informasi terkait COVID-19 di dunia. 

Pertama, pemerintah Sri Lanka telah menyiapkan sebuah pulau kecil yang rencananya akan digunakan untuk lahan pemakaman pasien meninggal akibat COVID-19. Langkah ini dikhususkan untuk mereka yang merupakan minoritas, yakni masyarakat beragama Muslim dan Kristen. 

Informasi ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Global Liputan6.com hari ini. 

Selanjutnya, varian baru Virus Corona yang berasal dari Inggris telah masuk ke Indonesia. Fakta-fakta seputar varian baru jenis virus ini pun menjadi informasi penting yang banyak dibaca hari ini. 

Terakhir, masih seputar COVID-19, pemerintah Australia memutuskan untuk memperpanjang penutupan perbatasan internasionalnya hingga pertengahan Juni sebagai salah satu bentuk upaya signifikan dalam meredam penyebaran Virus Corona COVID-19

Baca ketiga berita paling menarik di kanal Global Liputan6.com edisi Kamis (4/3/2021):

 

 

 

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

1. Sri Lanka Siapkan Pulau Kecil Untuk Pemakaman Pasien Meninggal COVID-19

Kasus Positif Covid-19 di Sri Lanka
Perbesar
Penduduk setempat menunggu untuk menjalani Tes Cepat Antigen COVID-19 di Wellawatta, Kolombo, Sri Lanka, pada 8 Desember 2020. Jumlah pasien positif COVID-19 di Sri Lanka telah melampaui angka 28.000 pada Selasa (8/12) usai lebih dari 600 pasien terdeteksi pada hari sebelumnya. (Xinhua/Ajith Perera)

Sebuah pulau terpencil telah dipilih oleh pemerintah Sri Lanka untuk lahan pemakaman pasien COVID-19 dari komunitas minoritas Muslim dan Kristen.

Pemerintah sebelumnya memaksa minoritas untuk mengkremasi jenazah sejalan dengan praktik mayoritas penganut Buddha. Dikatakan bahwa penguburan akan mencemari air tanah.

Baca informasi lengkapnya di sini...

3 dari 5 halaman

2. Fakta-Fakta di Balik Varian Baru COVID-19 B117 yang Terdeteksi Muncul di Indonesia

PN Jakarta Pusat Disemprot Cairan Disinfektan
Perbesar
Petugas Palang Merah Indonesia saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di salah satu ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (18/3/2020). Penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Indonesia telah melaporkan kasus pertama varian Virus Corona COVID-19 B.1.1.7 dari Inggris.

Pemerintah dan pihak berwenang Indonesia, dalam menanggapi munculnya kasus tersebut, memperketat pintu masuk ke Tanah Air.

Simak informasi lengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Redam COVID-19, Australia Tutup Perbatasan Internasional Hingga Pertengahan Juni 2021

Kehidupan pantai di Melbourne
Perbesar
Warga mengunjungi Pantai St Kilda di Melbourne, Australia, pada 9 Desember 2020. Kehidupan pantai kembali terlihat setelah Melbourne mengakhiri masa pemberlakuan lockdown COVID-19 pada November lalu, yang berlangsung selama hampir empat bulan. (Xinhua/Hu Jingchen)

Australia akan memperpanjang penutupan perbatasan internasional selama setahun setidaknya tiga bulan hingga pertengahan Juni 2021. Langkah ini melanjutkan isolasi yang diberlakukan sendiri di negara itu untuk mencegah virus corona COVID-19.

Baca berita lengkapnya di sini...

5 dari 5 halaman

Infografis Mutasi Baru Virus Corona:

Infografis Mutasi Virus Corona Lebih Jinak, Bisa Berubah Ganas di Indonesia? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Mutasi Virus Corona Lebih Jinak, Bisa Berubah Ganas di Indonesia? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓