Sukses

Miliarder Jepang Tawarkan Kursi Perjalanan ke Bulan untuk 8 Orang dari Seluruh Dunia

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa meluncurkan pendaftaran perjalanan ke bulan kepada delapan orang dari seluruh dunia.

Liputan6.com, Tokyo- Seorang miliarder Jepang meluncurkan ekspedisi Bulan pribadi kepada delapan orang dari seluruh dunia.

Yusaku Maezawa, pengusaha fashion retail online Jepang, diumumkan pada 2018 sebagai orang pertama yang memesan tempat di pesawat luar angkasa yang sedang dikembangkan oleh SpaceX.

Pesawat ruang angkasa itu nantinya akan melakukan perjalan ke Bulan.

Maezawa - yang membayar jumlah yang dirahasiakan untuk perjalanan yang diperkirakan akan diluncurkan sekitar tahun 2023 itu, awalnya telah mengatakan dirinya berencana untuk mengundang enam hingga delapan seniman untuk bergabung dengannya dalam perjalanan tersebut.

Namun pada Rabu (3/3) dalam sebuah video yang diposting di akun Twitter-nya, Maezawa mengungkapkan proses pendaftaran yang lebih luas.

"Saya mengundang Anda untuk bergabung dengan saya dalam misi ini. Delapan dari Anda dari seluruh dunia," kata Maezawa, seperti dilansir AFP, Rabu (3/3/2021).

"Saya sudah membeli semua kursi, jadi ini akan menjadi perjalanan pribadi," tambahnya.

Maezawa  membeberkan rencana awalnya untuk mengundang seniman telah "berkembang" karena dirinya mempercayai bahwa "setiap orang yang melakukan sesuatu yang kreatif bisa disebut seniman."

Pengusaha Jepang tersebut menuturkan bahwa para pendaftar hanya perlu memenuhi dua kriteria, yaitu siap untuk "mendorong" secara kreatif, dan bersedia membantu anggota kru lainnya melakukan hal yang sama.

Secara keseluruhan, dia menyebut ada sekitar 10 hingga 12 orang yang akan mengikuti perjalanan tersebut, yang diperkirakan akan mengelilingi Bulan sebelum kembali ke Bumi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Pendaftaran

Jadwal pendaftaran untuk tempat-tempat dalam perjalanan tersebut meminta calon pelancong luar angkasa untuk melakukan pra-registrasi sebelum 14 Maret, dengan penyaringan awal yang dijadwalkan pada 21 Maret.

Namun, tidak ada tenggat waktu yang diberikan untuk tahap selanjutnya - sebuah "tugas" dan wawancara online - tetapi wawancara akhir dan pemeriksaan kesehatan saat ini dijadwalkan untuk akhir Mei 2021, menurut situs web Maezawa.

Maezawa dan kelompok astronotnya akan menjadi perjalanan bulan pertama sejak misi Apollo AS terakhir pada tahun 1972 - jika SpaceX dapat melakukan perjalanan tersebut.

Januari lalu, prototipe Starship SpaceX  jatuh dan terbakar saat mencoba mendarat secara tegak setelah uji terbang, sementara kecelakaan lainnya, terjadi setelah prototipe terakhir Starship mengalami nasib serupa pada Desember 2020.

Perusahaan itu berharap sistem roket 394 kaki (120 meter) yang dapat digunakan kembali suatu hari akan membawa awak dan kargo ke Bulan, Mars, dan sekitarnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.