Sukses

Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi untuk 2 Pemimpin Houthi di Yaman

Sanksi dijatuhkan oleh Amerika Serikat kepada dua pemimpin Houthi di Yaman.

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap dua pemimpin senior kelompok militan Houthi di Yaman yang didukung Iran.

"Mansur Al-Sa'adi dan Ahmad 'Ali Ahsan al-Hamzi bertanggung jawab mengatur serangan pasukan Houthi yang berdampak pada warga sipil Yaman, negara-negara perbatasan, dan kapal komersial di perairan internasional," kata Departemen Keuangan Amerika Serikat dalam siaran pers.

"Tindakan-tindakan ini, yang memajukan agenda rezim Iran untuk melakukan destabilisasi, telah memicu konflik Yaman, membuat 1 juta lebih warga mengungsi dan menjerumuskan Yaman ke ambang kelaparan," tambah pernyataan itu.

Departemen Keuangan mengatakan Al-Sa'adi, yang mendapat pelatihan di Iran dan menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut Houthi, merupakan dalang "serangan mematikan terhadap pelayaran internasional di Laut Merah."

Departemen Keuangan juga menuduh pasukan Angkatan Laut Houthi memasang ranjau laut yang bisa membahayakan penangkapan ikan komersial dan pengiriman sipil.

Al-Sa'adi juga dituduh menyelundupkan senjata Iran ke Yaman.

Ahmad 'Ali Ahsan al-Hamzi, adalah Kepala Angkatan Udara dan Angkatan Pertahanan Udara Yaman yang berpihak pada Houthi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konflik Yaman

Selain pesawat tak berawak, ia dilaporkan memperoleh senjata dari Iran yang telah digunakan dalam perang saudara di Yaman. Ia juga diduga mendapat pelatihan di Iran.

Konflik di Yaman dimulai pada 2014 ketika kelompok militan yang juga dikenal sebagai Ansarallah, merebut ibu kota Sanaa dan kota-kota lain di utara negara itu.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi pada 2015 mendukung pemerintah Presiden Yaman Abd Rabbu Mansur Hadi yang diakui secara internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.