Frustasi ATM Sulit Dibobol, Sekelompok Pencuri Gondol Mesinnya Sekalian

Oleh Liputan6.com pada 03 Mar 2021, 19:10 WIB
Diperbarui 03 Mar 2021, 19:10 WIB
Idap Penyakit Paru-paru dan Candu Judi, Operator ATM Gasak Rp 327 Juta
Perbesar
Ilustrasi pembobolan ATM, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Liputan6.com, Tiruppur - Enam orang yang terlibat dalam kasus pencurian ATM di Tiruppur, Tamil Nadu, India, berhasil ditangkap dan ditahan, pada Selasa (2/3), oleh kepolisian Tamil Nadu.

Dari rekaman CCTV yang berlangsung pada 28 Februari, 04.30 pag waktu setempat menunjukkan sebuah geng beranggotakan empat orang dengan topeng, membongkar dengan seluruh mesin ATM setelah tidak dapat membukanya.

ATM tersebut berlokasi di Sarkar Periyapalayam di jalan Tirupur-Uthukkuli. Perampokan terungkap ketika nasabah menuju ATM dan terkejut menemukan pintu di lokasi telah hancur.

Pelaku yang panik pun memutuskan untuk mengambil mesin tersebut dengan menyeretnya keluar dari kios dengan bantuan kendaraan.

Polisi, dengan bantuan rekaman CCTV, berhasil melacak kontainer milik gerombolan pencuri.

Polisi juga menyita uang sebanyak Rs 69.210 atau setara Rp 13,5 juta, dua pistol, sembilan selongsong peluru, mesin las, alat pemotong, tabung oksigen, dan beberapa pakaian. Orang-orang yang ditangkap kemudian dibawa ke pengadilan di Uthukuli dan dijebloskan ke dalam penjara.

Menurut pejabat bank, sejumlah 15 juta rupee (Rp 292,7 juta) telah disimpan di ATM pada 19 Februari dan diperkirakan sekitar 1,5 juta rupee (Rp 29,2 juta) masih tersisa di ATM hingga hari Minggu.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Maraknya Pembobolan ATM di Talengana

Mesin Kartu ATM
Perbesar
Ilustrasi Foto Mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) (iStockphoto)

Kejadian yang sama juga sebelumnya pernah terjadi di Telangana, pada awal Februari 2021, dimana sekelompok pencuri mencuri kotak uang dari ATM (anjungan tunai mandiri) di kota Adilabad, Telangana pada Kamis (4/2) malam.

Rekaman CCTV dari ATM Bank Negara India (SBI) menunjukkan seorang pria menarik mesin dengan tali, melepaskannya dan mengeluarkannya sebelum meninggalkan lokasi.

Sementara jumlah uang yang ada di kotak uang tunai belum dapat dipastikan, polisi mengatakan bahwa otoritas bank memperkirakan mungkin ada sekitar 20 hingga 25 juta rupee (Rp 3,9 triliun - Rp 4,9 triliun) di kotak uang tunai pada saat pencurian.

Menurut Wakil Inspektur Polisi Adilabad (DSP) Venkateshwar Rao, rekaman CCTV dari sekitarnya mengungkapkan bahwa empat pria yang bepergian dengan SUV Tavera yang tampaknya berusaha merampok sebuah toko perhiasan di dekatnya.

Mereka tampaknya berencana untuk mencoba mencuri di toko perhiasan di Devichand Chowk, tetapi pergi setelah melihat banyaknya kehadiran polisi, kata pihak berwenang.

"Sekitar pukul 03.30 waktu kejadianm mereka pergi ke ATM dekat Collector Chowk. Seorang pria terlihat di rekaman CCTV, menarik mesin dengan tali," kata DySP.

Pelaku kemudian berhenti di lokasi terpencil di dekatnya, di mana mereka membuka mesin dan pergi dengan kotak uang, meninggalkan sisa-sisa mesin di belakang, kata polisi, menambahkan bahwa tidak jelas berapa banyak orang yang terlibat dalam pencurian tersebut.

 

Reporter: Lianna Leticia

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓