Sukses

Studi Inggris Nyatakan Vaksin COVID-19 Bisa Kurangi Risiko hingga 80 Persen

Sebuah studi terbaru asal Inggris menyatakan bahwa vaksin COVID-19 dapat mengurangi risiko hingga 80 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah analisis di Inggris menunjukkan bahwa satu suntikan baik dari vaksin COVID-19 produksi Oxford-AstraZeneca atau Pfizer-BioNTech mengurangi kemungkinan bahwa seseorang perlu dirawat di rumah sakit hingga lebih dari 80%.

Data Public Health England menunjukkan efeknya muncul dalam tiga hingga empat minggu setelah vaksinasi.

Mengutip BBC, Selasa (2/3/2021), temuan itu didasarkan pada orang berusia di atas 80 tahun yang menjadi orang pertama yang menerima vaksin COVID-19.

Ilmuwan pemerintah memuji hasilnya, tetapi menekankan bahwa dua dosis diperlukan untuk perlindungan terbaik.

Temuan itu muncul setelah temuan serupa diterbitkan oleh otoritas kesehatan Skotlandia pekan lalu, yang mereka puji sebagai "spektakuler" . 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efektivitas Vaksin

Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan pada pengarahan di Downing Street pada hari Senin bahwa hasil vaksin terbaru "sangat kuat". 

Dia menambahkan, "Mereka juga dapat membantu menjelaskan mengapa jumlah pasien Covid yang masuk ke unit perawatan intensif di antara orang-orang di atas 80 di Inggris telah turun menjadi satu angka dalam beberapa minggu terakhir."

Juga berbicara pada konferensi pers, wakil kepala petugas medis Inggris--Prof Jonathan Van-Tam-- mengatakan bahwa data tersebut memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana program vaksin "mudah-mudahan akan membawa kita ke dunia yang sangat berbeda dalam beberapa bulan mendatang".

Tetapi dia mengatakan itu "sangat penting" bahwa dosis kedua "masih menjadi bagian dari imunisasi terhadap Covid-19 dan tidak kalah pentingnya".

Prof Van-Tam menekankan ada "kemungkinan yang signifikan" bahwa dosis kedua dari vaksin akan "mematangkan respons kekebalan Anda, mungkin membuatnya lebih luas dan hampir pasti membuatnya lebih lama daripada yang seharusnya terkait dengan dosis pertama saja."

Lebih dari 20 juta orang di Inggris telah mendapatkan dosis vaksin pertama mereka--lebih dari sepertiga populasi orang dewasa.

Sementara itu, 104 kematian lainnya dalam 28 hari setelah virus corona positif telah dilaporkan di Inggris, dan 5.455 kasus baru lainnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.