Sukses

Pangeran Philip Pindah Rumah Sakit, Jalani Perawatan Jantung

Pangeran Philip dari Kerajaan Inggris - Duke of Edinburgh dipindahkan ke rumah sakit lain.

Liputan6.com, London- Pangeran Philip (99) dari Kerajaan Inggris - Duke of Edinburgh dipindahkan ke rumah sakit lain untuk menjalani tes jantung dan perawatan infeksi, menurut pengumuman Buckingham Palace.

Sebelumnya, suami Ratu Elizabeth II itu telah dirawat hampir dua pekan di rumah sakit di London.

Dilansir AFP, Selasa (2/3/2021) pejabat kerajaan mengatakan bahwa Duke of Edinburgh, dipindahkan dari Rumah Sakit King Edward VII ke Rumah Sakit St Bartholomew yang dikelola pemerintah di Kota London.

"Dokter di sana akan terus merawatnya untuk infeksi, serta melakukan pengujian dan observasi untuk kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya," tambah Buckingham Palace.

"Duke tetap nyaman dan sedang menjalani perawatan tetapi diperkirakan akan tetap di rumah sakit sampai setidaknya akhir pekan," terangnya.

Pada 16 Februari 2021, Pangeran Philip dirawat di Rumah Sakit King Edward VII sebagai "tindakan pencegahan" dan atas saran dokternya, setelah merasa kurang sehat.

Kemudian, pihak Buckingham Palace menyatakan bahwa perawatannya tidak terkait dengan COVID-19, tetapi karena infeksi yang belum diterangkan lebih lanjut.

Sebuah ambulans dilaporkan terlihat meninggalkan Rumah Sakit King Edward VII pada Senin sore (1/3), melewati para wartawan lokal.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelumnya, Pangeran Philip Dikabarkan Dalam Keadaan Baik

Sebelumnya, Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II telah mendapat dosis pertama vaksin COVID-19 Covid pada 9 Januari, dengan usia keduanya yang merupakan salah satu daftar prioritas vaksinasi.

Masa perawatan Pangeran Philip yang lama di rumah sakit telah menimbulkan kekhawatiran karena usianya, meskipun ia dikatakan telah merasa nyaman dan menanggapi perawatan tersebut dengan baik.

Putra bungsu Pangeran Philip, yakni Pangeran Edward, mengatakan pekan lalu bahwa ayahnya sudah merasa "jauh lebih baik" dan diperkirakan akan segera pulang. 

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat karena mengirimkan dukungan mereka.

Selain itu, cucu Pangeran Philip, yakni Pangeran William, juga menuturkan bahwa Duke of Edinburgh itu dalam keadaan "baik-baik saja" dan diawasi secara ketat oleh staf medis.

Sementara dua hari sebelumnya, putra tertua Pangeran Philip, yaitu Pangeran Charles, mengunjunginya di rumah sakit tetapi tidak memberikan komentar terkait kunjungan itu.

Menurut seorang sumber, Pangeran Philip awalnya menuju ke rumah sakit dengan kendaraan pribadi tanpa bantuan tambahan. 

Pada 2012 silam, mantan perwira angkatan laut itu dirawat di rumah sakit yang sama setelah mengalami infeksi kandung kemih yang membuatnya kurang fit dalam suatu acara yang digelar Ratu Elizabeth II.

Diketahui bahwa pada 10 Juni mendatang, Pangeran Philip akan memasuki usia 100 tahun.

Rumah Sakit St Bartholomew, yang berlokasi dekat Katedral St Paul, terkenal secara internasional dan diketahui unggul untuk perawatan jantung dan kanker.

Barts Heart Centre juga merupakan layanan kardiovaskular khusus terbesar di Eropa, menurut situs web rumah sakit itu.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.