Pertama dalam Sejarah, Kemenkes Indonesia dan Jerman Deklarasi Kerja Sama Kesehatan

Oleh Tommy Kurnia pada 01 Mar 2021, 12:51 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 12:51 WIB
Panglima TNI hingga Raffi Ahmad Kembali Jalani Vaksinasi Kedua
Perbesar
Menkes Budi Gunadi Sadikin menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Presiden Jokowi memastikan bahwa pemerintah telah menindaklanjuti hal tersebut dan tetap berupaya untuk memenuhi target semula. (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia dan Jerman sepakat untuk melakukan kerja sama kesehatan. Sektor peralatan medis dan farmasi akan menjadi prioritas pada deklarasi bersejarah ini.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Sekretaris Parlementer Negara Bagian Kementerian Kesehatan Republik Federal Jerman Sabine Weiss, MdB menandatangani deklarasi ini secara virtual. Deklarasi kesehatan ini adalah yang pertama kalinya antara Indonesia dan Jerman. Dokter dari kedua negara akan saling belajar, dan Jerman juga membuka pintu bagi produk kesehatan Indonesia.

"Ilmuwan Jerman akan bersemangat untuk belajar dari pengalaman Indonesia dan sebaliknya. Perusahaan Jerman siap berperan dalam modernisasi sistem kesehatan Indonesia, karena kami juga mendorong perusahaan Indonesia untuk memasarkan inovasinya di Jerman," Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia Dr. Peter Schoof berdasarkan rilis resmi Kemenkes, dikutip Senin (1/3/2021).

Deklarasi bersama ini akan fokus pada bidang-bidang seperti pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, kesehatan masyarakat, farmasi dan alat kesehatan, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Menkes Budi berharap deklarasi bersama ini bisa menghasilkan manfaat mengingat pentingnya kerja sama internasional di bidang kesehatan, terutama akibat terjadinya pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 telah memberi kami pengalaman penting dan kerja sama internasional akan membawa kita bersama untuk memerangi pandemi ini dengan sukses," kata Menkes Budi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Menyambut Hannover Messe 2021

Rumah Sakit di Jerman Gunakan Robot Pembersih Canggih yang Bisa Bernyanyi
Perbesar
Robot pembersih 'Franzi' membersihkan area pintu masuk rumah sakit di Munich Neuperlach, Jerman selatan pada 12 Februari 2021. Di masa pandemi COVID-19, robot pembersih Franzi telah mempunyai peran baru, yaitu menghibur staf dan pasien di rumah sakit Munich. (Photo by Christof STACHE / AFP)

Deklarasi ini ditandatangani kurang dari dua bulan jelang acara Hanover Masse pada April 2021. Hannover Messe merupakan eksibisi yang memfokuskan pada beragam isu terkini teknologi dan solusi industri manufaktur, termasuk penerapan teknologi pada revolusi industri ke-4.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno mengatakan Peralatan medis dan farmasi akan menjadi dua dari tujuh sektor prioritas Indonesia selama Hannover Messe 2021 mendatang di mana Indonesia akan menjadi negara mitra.

"Saya ingin menyaksikan banyak kesepakatan bisnis dan investasi antara perusahaan teknologi kesehatan Jerman dan Indonesia," katanya.

Sekretaris Parlemen Negara Bagian Kementerian Kesehatan Republik Federal Jerman Sabine Weiss menyambut baik kerja sama kesehatan melalui penandatanganan deklarasi bersama bersejarah ini.

"Melihat tantangan masa depan, Indonesia dan Jerman dapat belajar banyak dari satu sama lain dan mencapai banyak hal bersama-sama. Saya secara khusus memikirkan pencegahan dan pengendalian penyakit serta pengelolaan pandemi COVID 19," ujar Weiss.

3 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓