Sukses

2-3-1958: Tim Ekspedisi Gabungan Negara Persemakmuran Inggris Sukses Seberangi Antartika

Pada 2 Maret 1958, Ekspedisi Trans-Antartika Persemakmuran yang dipimpin oleh Vivian Fuchs menjadi yang pertama berhasil melintasi Antartika.

Liputan6.com, Jakarta Pada 2 Maret 1958, Ekspedisi Trans-Antartika Persemakmuran yang dipimpin oleh Vivian Fuchs menjadi yang pertama berhasil melintasi Antartika, menempuh jarak 2.158 mil (3.473 kilometer) dalam 99 hari, melalui darat.

Tim Selandia Baru mulai dari kamp Scott yang baru dibuat di dekat Laut Ross. Sementara Inggris memulai perjalanan mereka di kamp Shackleton dekat Laut Weddell. Kedua tim menggunakan kendaraan bermotor untuk perjalanan ke Kutub Selatan.

Pendaki Gunung Everest, Edmund Hillary, pemimpin sebagian misi, bersama timnya bertanggung jawab untuk menyiapkan depot makanan dan bahan bakar untuk tim Inggris. Dalam prosesnya, dia hanya memimpin kelompok ketiga untuk mencapai Kutub Selatan, dan yang pertama melakukannya dengan kendaraan. Mereka berusaha mencapai Pangkalan Scott dan menyelesaikan penyeberangan Antartika.

Namun, kepergian tim Inggris dari kubu Shackleton sempat tertunda dan mereka hampir tiga minggu terlambat dari jadwal.

Mereka sekarang harus memutuskan kapan memulai perjalanan kedua mengingat kondisi cuaca yang memburuk.

Dr. Fuchs mengatakan tim pasti akan terus maju.

"Kami berharap dan berharap untuk keluar sebelum musim dingin, jika tidak - sial," katanya.

Ditanya apakah dia telah mempertimbangkan untuk menghentikan perjalanannya dan melanjutkan di musim semi, Dr. Fuchs menjawab: "Apakah orang-orang yang menyarankan itu bersedia membayarnya?"

Dia pikir kemungkinan tim akan mencapai kamp Scott pada minggu pertama bulan Maret, tambah Dr Fuchs.

Anggota ekspedisi juga melakukan eksperimen ilmiah termasuk pendengaran seismik dan pembacaan gravimetri selama perjalanan epik mereka.

 

Saksikan video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Direkam dalam Sebuah Film Dokumenter

Perjalanan melintasi benua ini tersimpan dalam sebuah film dokumenter tahun 1958, berjudul "Antarcitic Crossing", yang diambil dari footage shot oleh Fuchs dan disutradarai oleh George Lowe.

Film dokumenter yang terbagi menjadi tiga bagian ini secara jelas menggambarkan bahaya yang dihadapi oleh tim ekspedisi tersebut.

Lowe bergabung dengan rombongan pemimpin misi Sir Vivian Fuchs yang datang dari Shackleton Base, melihat kendaraan dan anjing yang berbahaya.

Veteran NFU Derek Wright memfilmkan kru pendukung NZ yang dipimpin Edmund Hillary yang datang dari sisi lain Antartika, dan membantu mengemudikan traktor. Khawatir kehabisan makanan saat menunggu Fuchs mencapai Kutub, Hillary dan timnya menuju ke Kutub terlebih dahulu, bertentangan dengan perintahnya.

Meskipun mengikuti rute pre-laid dengan mobil khusus, mereka sering kali menghadapi kondisi white-out, tidak hanya kehilangan pandangan dari jalur mereka, tetapi juga kontak radio dengan dunia luar. Beberapa kali mereka menerima bantuan dari luar: sekali, tetes udara darurat oksigen untuk anggota tim yang meninggal karena keracunan karbon monoksida; dan lain waktu ketika dua kendaraan jatuh ke dalam celah.

Film ini kemudian dinominasikan untuk sebuah Academy Award untuk Fitur Dokumenter Terbaik 1959.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.