Sukses

Para Pemimpin Dunia Kecam Tindakan Kekerasan di Myanmar yang Tewaskan 18 Demonstran

Aksi kekerasan yang terjadi di Myanmar hingga menewaskan 18 Demonstran menuai reaksi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Para pemimpin dunia mengutuk keras tindakan keras paling mematikan yang dilakukan oleh pasukan keamanan Myanmar terhadap demonstran anti-kudeta yang damai, di mana sedikitnya 18 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka di beberapa kota di seluruh Myanmar, menurut kantor hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kepala PBB Antonio Guterres pada hari Minggu memimpin suara kecaman internasional terhadap tindakan militer, yang merebut kekuasaan pada 1 Februari dan menyatakan "darurat" selama setahun setelah menuduh kecurangan dalam pemilihan November lalu yang dimenangkan oleh pemimpin sipil Aung San Suu Kyi mengalami bencana besar. Demikian seperti mengutip laman Al Jazeera, Senin (1/3/2021).

Sekitar 1.000 pengunjuk rasa yang menuntut pemerintah Aung San Suu Kyi dikembalikan ke tampuk kekuasaan diyakini telah ditahan pada hari Minggu (28/2).

"Penggunaan kekuatan mematikan terhadap pengunjuk rasa damai dan penangkapan sewenang-wenang tidak dapat diterima," kata Stephane Dujarric, juru bicara PBB, dalam sebuah pernyataan.

“Sekretaris Jenderal mendesak komunitas internasional untuk berkumpul dan mengirimkan sinyal yang jelas kepada militer bahwa mereka harus menghormati keinginan rakyat Myanmar seperti yang diungkapkan melalui pemilihan dan menghentikan penindasan."

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Simak Video Menarik Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akan Segera Ambil Tindakan

Sementara itu, kepala diplomatik Uni Eropa Josep Borrell mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa blok tersebut akan "mengambil tindakan dalam menanggapi perkembangan ini segera".

"Otoritas militer harus segera menghentikan penggunaan kekuatan terhadap warga sipil dan mengizinkan penduduk untuk mengekspresikan hak mereka atas kebebasan berekspresi dan berkumpul," kata Borrell dalam sebuah pernyataan.

Para menteri Eropa telah menyetujui sanksi terhadap militer Myanmar atas kudeta tersebut dan telah memutuskan untuk menahan beberapa bantuan pembangunan. 

Sanksi tersebut diharapkan akan diselesaikan dalam beberapa hari mendatang dan akan berlaku setelah pemberitahuan resmi diterbitkan oleh UE.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk apa yang dia gambarkan sebagai "kekerasan menjijikkan pasukan keamanan Burma terhadap orang-orang Burma", menggunakan nama lama negara itu.

Amerika Serikat mengumumkan sanksi baru pada hari Senin terhadap dua jenderal lagi yang terlibat dalam kudeta militer 1 Februari di Myanmar, setelah pengunjuk rasa tewas dalam tindakan keras terhadap demonstrasi akhir pekan lalu.

“Kami berdiri teguh dengan orang-orang Burma yang pemberani dan mendorong semua negara untuk berbicara dengan satu suara untuk mendukung keinginan mereka,” tulis Blinken di Twitter pada Minggu sore.

Seorang juru bicara Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan "kekerasan harus dihentikan dan demokrasi harus dipulihkan", sementara juga mencatat Inggris telah menjatuhkan sanksi pada para pemimpin kudeta.

"Bekerja sama dengan AS dan Kanada, Inggris telah mengambil tindakan dengan menjatuhkan sanksi hak asasi manusia terhadap sembilan perwira militer Myanmar, termasuk panglima tertinggi, atas peran mereka dalam kudeta," kata juru bicara itu.

Turki juga mengutuk keras apa yang disebutnya penggunaan kekuatan yang tidak proporsional oleh tentara Myanmar.

"Kami mengamati dengan keprihatinan mendalam bahwa stabilitas di Myanmar memburuk setelah kudeta," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan. 

"Kami menyerukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk pemulihan demokrasi tanpa penundaan untuk pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di negara dan segera penghentian kekerasan terhadap para pengunjuk rasa damai," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Kematian Terjadi di Berbagai Kota

Sebelumnya pada hari Minggu, kantor hak asasi manusia PBB mengatakan dalam pernyataannya bahwa polisi dan pasukan militer telah dihadapkan dengan demonstrasi di beberapa lokasi di seluruh Myanmar, menggunakan "kekuatan" yang menyebabkan sedikitnya 18 orang tewas dan lebih dari 30 luka-luka. 

"Kematian dilaporkan terjadi akibat peluru tajam yang ditembakkan ke kerumunan di Yangon, Dawei, Mandalay, Myeik, Bago dan Pokokku," katanya, mengacu pada beberapa kota, menambahkan bahwa pasukan juga menggunakan gas air mata, granat flash-bang dan granat.

Tindakan keras itu dilakukan setelah televisi pemerintah mengumumkan bahwa utusan Myanmar untuk PBB telah dipecat setelah dia mendesak badan global tersebut untuk menggunakan "segala cara yang diperlukan" untuk membalikkan kudeta.

Sementara itu, para aktivis di sejumlah negara Asia dan tempat lain mengadakan aksi unjuk rasa pada hari Minggu untuk mendukung pengunjuk rasa anti-kudeta di Myanmar. 

Menyusul seruan bantuan dari juru kampanye pro-demokrasi Myanmar, sekitar 200 orang di Taipei dan puluhan di Bangkok, Melbourne dan Hong Kong turun ke jalan sambil melambaikan tanda dan bendera #MilkTeaAlliance.

Tagar, yang berasal dari protes terhadap serangan online dari kaum nasionalis di China, digunakan jutaan kali pada hari Minggu. Namanya berasal dari kecintaan yang sama terhadap minuman susu di Thailand, Hong Kong dan Taiwan.

Aktivis di Indonesia dan Malaysia serta negara-negara lain di Asia Tenggara mengungkapkan solidaritas mereka dengan memposting pesan dan karya seni secara online sebagai bagian dari kampanye media sosial.

"Aktivis Myanmar sangat aktif terlibat dengan Aliansi Milk Tea sejak kudeta," kata aktivis Thailand Rathasat Plenwong, yang pergi untuk menunjukkan dukungannya terhadap protes Myanmar di Bangkok.

“Kami merasa seperti berada dalam hal ini bersama-sama.”

4 dari 4 halaman

Infografis Kudeta Militer Myanmar:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.