Sukses

Menata Ulang Diplomasi di Dunia Pasca COVID-19, Ini Perspektif India

Berikut adalah perspektif India dalam menata ulang diplomasi di dunia pasca pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Delhi - Menteri Urusan Luar Negeri India, Dr. S. Jaishankar mengatakan bahwa diplomasi global akan tetap fokus pada masalah dan pelajaran bersama, meski setiap masyarakat telah menanganinya dengan cara yang beragam. Sebagian besar juga berkisar pada sifat globalisasi.

"Generasi kita telah dikondisikan untuk memikirkan hal itu sebagian besar dalam istilah ekonomi. Pengertian umum adalah perdagangan, keuangan, jasa, komunikasi, teknologi danmobilitas," kata Jaishankar, dikutip dari dalam keterangan tertulis yang berjudul "Menata Ulang Diplomasi di Dunia Pasca-COVID-19: Perspektif India" pada Sabtu (27/2/2021)

Hal ini, menurut Jaishankar, mengungkapkan saling ketergantungan dan interpenetrasi di zaman kita.

"Apa yang dibawa COVID-19 adalah keberadaan kita yang semakin tak terpisahkan. Globalisasi nyata lebih banyak tentang pandemi, perubahan iklim, dan terorisme. Mereka harus menjadi inti dari musyawarah diplomatik. Seperti yang kita lihat pada tahun 2020, mengabaikan tantangan seperti itu membutuhkan biaya yang sangat besa," imbuhnya.

Sementara itu, terlepas dari banyak manfaatnya, dunia juga telah menyaksikan reaksi keras terhadap globalisasi, menurut Jaishankar.

Jaishankar memaparkan, "Banyak di antaranya muncul dari manfaat yang tidak setara, di antara dan di dalam masyarakat. Rezim dan dispensasi yang mengabaikan kejadian-kejadian seperti itu ditantang.Kita harus memastikan bahwa ini bukan tentang pemenang dan pecundang, tetapi tentang memelihara komunitas yang berkelanjutan di mana pun."

Selain itu, Jaishankar berpendapat bahwa COVID-19 juga telah mengubah pemahaman kita tentang keamanan.

"Sampai saat ini, bangsa bangsa kebanyakan berpikir dalam istilah militer, intelijen, ekonomi, dan mungkin budaya. Saat ini, mereka tidak hanya akan memberikan bobot yang lebih besar pada keamanan kesehatan tetapi juga semakin mengkhawatirkan rantai pasokan yang tepercaya dan tangguh," tuturnya.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tekanan pada Era Pandemi COVID-19

Jaishankar juga membeberkan bahwa tekanan pada era pandemi COVID-19 memunculkan kerapuhan situasi kita saat ini.

"Mesin pertumbuhan tambahan diperlukan untuk mengurangi risiko ekonomi global, karena memang lebih banyak transparansi dan kelangsungan pasar," kata Jaishankar.

Ia pun menyebut, "Institusi multilateral belum berhasil dengan baik dari pengalaman ini".

Terlepas dari kontroversi di sekitar mereka, Jaishankar juga menyebutkan bahwa tidak ada kepura-puraan untuk menanggapi krisis global paling serius sejak 1945. Hal ini menyebabkan introspeksi serius. Reformasi multilateralisme penting untuk menciptakan solusi yang efektif.

"Merancang respons yang kuat terhadap tantangan COVID-19 akan mendominasi diplomasi global pada tahun 2021," sebutnya.

"Dengan caranya sendiri, India telah memberi contoh".

Jaishankar menjelaskan, hal itu telah dilakukan dengan menentang malapetaka dan menciptakan kesehatan yang berguna untuk meminimalkan tingkat kematian dan memaksimalkan tingkat kesembuhannya.

Ia pun mengatakan bahwa perbandingan internasional dari angka-angka itu menceritakan kisahnya sendiri.

"Tak hanya itu, India juga melangkah maju sebagai apotek dunia, memasok obat-obatan ke lebih dari 150 negara, banyak dalam bentuk hibah," katanya.

"Saat bangsa kita memulai upaya vaksinasi massal, jaminan Perdana Menteri Narendra Modi adalah India yang akan membantu membuat vaksin dapat diakses dan terjangkau oleh dunia sudahditerapkan. Pengiriman pertama vaksin Made in India tidak hanya menjangkau tetangga kami seperti Bhutan, Maladewa, Bangladesh, Nepal, Mauritius, Seychelles, dan Sri Lanka, tetapijuga mitra yang jauh lebih luas seperti Brasil dan Maroko," jelas Jaishankar.

3 dari 4 halaman

Isu Perubahan Iklim

Sebagai peserta sentral dalam mencapai kesepakatan Paris, Jaishankar mengatakan bahwa India telah berdiri teguh dalam memerangi perubahan iklim.

Jaishankar menjelaskan bahwa target energi terbarukan yang berlipat ganda, cakupan hutannya bertambah, keanekaragaman hayati meningkat dan fokusnya pada pemanfaatan air meningkat.

Praktik yang diasah di rumah sekarang diterapkan pada kemitraan pembangunannya di Afrika dan ditempat lain.

Jaishankar menyampaikan, "Melalui contoh dan energi, diplomasi India memimpin, termasuk melalui Aliansi Surya Internasional dan inisiatif Koalisi untuk Infrastruktur Tangguh Bencana".

Selain itu, adapun tantangan berat lainnya yaitu melawan terorisme dan radikalisasi.

"Sebagai masyarakat, yang telah lama mengalami serangan teroris lintas batas, India telah aktif meningkatkan kesadaran global dan mendorong tindakan terkoordinasi. Ini akan menjadi fokus utama dalam diplomasi India sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan dan di forumseperti FATF dan G20," kata Jaishankar.

Jaishankar juga menyebut di antara manfaat dari pengalaman COVID-19 adalah kekuatan domain digital.

"Baik itu pelacakan kontak atau penyediaan dukungan keuangan dan pangan, fokus digital India setelah 2014 telah membuahkan hasil yang mengesankan," ungkapnya.

Diterangkannya juga bahwa "Praktik 'bekerja dari mana saja' diperkuat oleh COVID-19 sama kuatnya dengan praktik 'belajar dari rumah'. Semua ini akan membantu memperluas perangkat program pembangunan India di luar negeri dan membantu pemulihan banyak mitra. Tahun 2020 juga menjadi ajang repatriasi terbesar dalam sejarah - kepulangan lebih dari 4 juta orang India. Ini saja menunjukkan pentingnya mobilitas di zaman sekarang," 

Selain itu, saat manufaktur cerdas dan ekonomi pengetahuan mengakar lebih dalam, kebutuhan akan bakat tepercaya pasti akan tumbuh.

"Memfasilitasi pergerakannya melalui diplomasi merupakan kepentingan global," tegas Jaishankar.

"Kembali ke keadaan normal pada tahun 2021 berarti perjalanan yang lebih aman, kesehatan yang lebih baik, kebangkitan ekonomi, dan layanan yang digerakkan secara digital. Mereka akan diekspresikan dalam percakapan baru dan pemahaman baru," jelasnya.

Ditambahkannya, "Dunia setelah COVID-19 akan menjadi lebih multi-kutub, pluralistik, dan seimbang. Dan India, dengan pengalamannya, akan membantu membuat perbedaan".

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.