Sukses

27-2-1964: Italia Ingin Renovasi Menara Miring Pisa

Menara Pisa menjadi salah satu keajaiban dunia dan menjadi maskot untuk negara Italia, namun kemiringannya membuat pemerintah khawatir bahwa Menara Pisa dapat runtuh suatu saat.

Liputan6.com, Pisa - Pada 27 Februari 1964, pemerintah Italia mengumumkan bahwa mereka mencari saran tentang cara menyelamatkan Menara Miring Pisa dari kehancuran.

Puncak menara setinggi 180 kaki itu berdiri 17 kaki di selatan pangkalan, dan penelitian menunjukkan bahwa kemiringan meningkat setiap tahun.

Para ahli sempat memperingatkan bahwa bangunan abad pertengahan — salah satu tempat wisata terbaik di Italia — berada dalam bahaya besar untuk roboh dalam gempa bumi atau badai.

Proposal untuk menyelamatkan Menara Miring Pisa tersebut datang dari seluruh dunia, tetapi baru pada tahun 1999 pekerjaan restoratif yang sukses dimulai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemiringan Menara Pisa Mengkhawatirkan

Pada tanggal 9 Agustus 1173, konstruksi Menara Miring Pisa dimulai, yang akan menjadi tempat lonceng katedral luas Piazza dei Miracoli yang artinya Tempat Keajaiban.

Pisa pada saat itu adalah kekuatan perdagangan utama dan salah satu kota terkaya di dunia, dan menara loncengnya menjadi yang paling megah di Eropa yang pernah ada. Sejak awal, pembangunan menara ini sudah penuh tantangan.

Namun, ketika menara itu hanya setinggi tiga lantai, konstruksi berhenti karena alasan yang tidak diketahui. Mungkin karena perselisihan ekonomi atau politik, atau para insinyur mungkin telah memperhatikan bahwa menara mulai tenggelam ke dalam tanah di satu sisi.

Tanah sebagian besar terdiri dari air dan pasir berlumpur, dan satu sisi bangunan marmer yang berat mulai secara bertahap tenggelam ke dalam tanah segera setelah fondasinya dipasang.

Pada 1278, para pekerja mulai membangun hingga puncak lantai ketujuh, tetapi konstruksi dihentikan lagi, karena pada saat itu kemiringan ke arah selatan hampir sepanjang tiga kaki.

Pada tahun 1360, pekerjaan dimulai pada ruang lonceng, lantai kedelapan dan terakhir, dan para pekerja berusaha untuk mengimbangi lean dengan membangun ruang pada sedikit miring dengan sisa menara.

Menara ini secara resmi selesai sekitar tahun 1370. Meskipun bangunannya semakin ramping, bangunan itu diakui sebagai keajaiban arsitektur, dan orang-orang datang dari jauh mengagumi 200 kolom dan enam arkade luarnya.

Kemiringan bertambah sedikit setiap tahun, tetapi ini dapat meningkatkan minat pada menara.

Pengukuran dari tahun 1550 menunjukkan bahwa puncaknya 12 kaki di selatan pangkalan.

Pada tahun 1838, seorang arsitek diberi izin untuk menggali bagian bawah menara, yang sebagian di antaranya telah tenggelam ke dalam tanah, saat dia menggali air menyembur keluar dari tanah, dan menara miring beberapa inci lagi ke selatan.

3 dari 4 halaman

Rencana Renovasi

 

Pada tahun 1990, pemerintah Italia juga sempat menutup Menara Miring Pisa untuk umum karena alasan keamanan dan mulai mempertimbangkan proposal yang lebih serius untuk menyelamatkan menara.

Pada tahun 1992, dalam upaya untuk menstabilkan sementara bangunan, dibangun urat baja lapis plastik di sekitar menara hingga lantai dua.

Tahun berikutnya, pondasi beton dibangun di sekitar menara di mana pemberat ditempatkan di sisi utara, yang kemudian mengurangi kemiringan hampir satu inci.

Pada tahun 1995, komisi yang mengawasi restorasi berusaha untuk mengganti beban penyeimbang yang tidak bagus untuk dipandang dengan kabel bawah tanah.

Para insinyur membekukan tanah dengan nitrogen cair sebagai persiapan, tetapi akhirnya proyek dibatalkan.

Akhirnya, pada tahun 1999, para insinyur memulai proses ekstraksi tanah di bawah sisi utara yang dalam beberapa bulan menunjukkan efek positif.

Tanah dipindahkan dengan sangat lambat, tidak lebih dari satu atau dua galon sehari, dan kabel besar menahan menara jika terjadi destabilisasi yang tiba-tiba.

Dalam enam bulan, kemiringan telah berkurang lebih dari satu inci, dan pada akhir tahun 2000, hampir satu kaki.

Menara dibuka kembali untuk umum pada bulan Desember 2001, setelah pengurangan setengah kaki telah dicapai.

Diperkirakan bahwa 18 inci itu akan memberikan 300 tahun kehidupan lagi bagi Menara Miring Pisa.

 

Reporter: Veronica Gita

4 dari 4 halaman

Infografis Dokter Berguguran di Medan Tempur Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini