Sukses

1,5 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Siap Disuntikkan ke Warga Korea Selatan

1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca didistribusikan ke seluruh penjuru Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mendistribusikan 1,5 juta dosis vaksin AstraZeneca ke seluruh negeri. Vaksin-vaksin itu untuk persiapan program vaksinasi COVID-19 pada Jumat 26 Februari 2021.

Dilaporkan Yonhap, Kamis (25/2/2021), targetnya ada 750 ribu penerima di Korsel, mayoritas adalah petugas kesehatan dan pasien di panti jompo. Program vaksinasi di Korsel akan gratis.

Vaksin tersebut di Korsel adalah produk lokal yang dibuat oleh SK Bioscience Co. yang bermitra dengan AstraZeneca. Tidak seperti Sinovac yang dipakai Indonesia, vaksin AstraZeneca di Korsel sudah dapat izin darurat WHO.

Truk berisi vaksi diberangkatkan dengan truk dari gudang di Incheon pada pukul 05.50 pagi waktu setempat. Totalnya, ada 55 truk yang berangkat.

Selain AstraZeneca, Korsel juga akan menggunakan Pfizer. Vaksin Pfizer baru digunakan pada Sabtu besok. AstraZeneca dipiilih lebih dahulu karena lebih praktis, yakni tak harus ditaruh di pendingin seperti Pfizer.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritas Vaksinasi

Otoritas kesehatan di Korsel berkata 290.271 orang akan mendapatkan penyuntikan fase pertama. Mereka semua terdiri atas pasien serta pegawai di fasilitas kesehatan.

Vaksin Pfizer akan ditawarkan pada pekerja medis pada sehari setelahnya.

Korea Selatan berharap bisa meraih herd immunity pada November. Targetnya, Korsel akan memvaksinasi 70 persen populasinya pada September.

Berdasarkan data CDC Korsel, total kasus COVID-19 di negara tersebut mencapai 81.526 kasus. Seoul mencatat kasus terbanyak, yakni 26 ribu kasus.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.