Pesan Rahasia dalam Rover Perseverance Mars NASA Terungkap, Begini Isinya

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 25 Feb 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 08:45 WIB
Kamera Navigasi, atau Navcams, di atas rover Perseverance Mars NASA menangkap pemandangan dek rover ini pada 20 Februari 2021.
Perbesar
Kamera Navigasi, atau Navcams, di atas rover Perseverance Mars NASA menangkap pemandangan dek rover ini pada 20 Februari 2021. (Foto: NASA)

Liputan6.com, Jakarta- Sebuah pesan rahasia dan tersembunyi di parasut yang digunakan untuk menjatuhkan rover Perseverance NASA di Mars telah terungkap.

Sejumlah pengguna internet mengklaim telah "memecahkan kode" tersembunyi dalam gambar dari pendaratan rover Perseverance NASA pekan lalu.

Dikutip dari BBC, Kamis (25/2/2021) pola merah dan putih khusus di parasut itu tampaknya mewakili frase kode rahasia: "Dare mighty things".

Itu merupakan moto yang digunakan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California, Amerika Serikat, yang berfungsi sebagai pengelola misi untuk misi penjelajah Perseverance. 

Namun, badan antariksa NASA sejuah ini belum mengonfirmasi benar atau tidaknya klaim tersebut.

Tetapi kode rahasia bukan satu-satunya hal tersembunyi yang ada di penjelajah Mars.

Tiga microchip yang membawa 10.932.295 nama dari kampanye "Send Your Name To Mars" NASA telah ditempatkan di Perseverance.

Hal ini merupakan tradisi reguler untuk penjelajah Mars badan antariksa. Sebelumnya, penjelajah Curiosity juga membawa microchip dengan 1,2 juta nama.

Selai itu, Microchip juga berisi 155 esai dari siswa yang lolos ke final kontes untuk menamai pesawat luar angkasa, yang dimenangkan oleh seorang remaja laki-laki berusia 13 tahun asal Virginia, AS, bernama Alex Mather. 

Penghormatan untuk Tenaga Medis COVID-19

rover Perseverance NASA juga memberikan penghormatan kepada pekerja medis yang telah berjuang menangani pandemi Virus Corona COVID-19.

Kendaraan antarika itu meluncur ke luar angkasa pada Juli 2020, hanya beberapa bulan setelah Virus Corona mulai menyebar luas ke seluruh dunia.

Maka dari itu, pihak NASA ingin memberikan penghormatan kepada mereka yang berada di garis depan dalam menangani pandemi. 

Hal itu dilakukan dengan pelat aluminium yang diletakkan di sisi kiri penjelajah yang menunjukkan caduceus - logo ular yang melilit di anttara tongkat yang digunakan sebagai simbol medis di AS - memegangi Bumi.

2 dari 4 halaman

Kamera Penjelajah

Gambar pertama dari Perseverance Rover NASA di permukaan Mars dari kamera High Resolution Imaging Experiment (HiRISE).
Perbesar
Gambar pertama dari Perseverance Rover NASA di permukaan Mars dari kamera High Resolution Imaging Experiment (HiRISE) di atas Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA menunjukkan banyak bagian dari sistem pendaratan misi Mars 2020 yang membawa rover dengan aman. (Foto: NASA)

Berbeda dengan plat yang membawa nama dan menghormati tenaga medis, beberapa benda tersembunyi lainnya di rover Perseverance NASA.

Namun NASA juga menambahkan pesan penting dalam Mastcam-Z: "Apakah kita sendirian? Kita datang ke sini untuk mencari tanda-tanda kehidupan, dan untuk mengumpulkan sampel Mars untuk dipelajari di Bumi. Kepada mereka yang mengikutinya, kami mengharapkan perjalanan yang aman dan kegembiraan dalam penemuan".

Mastcam-Z juga membawa gambar bentuk kehidupan awal Bumi seperti cyanobacteria, pakis dan dinosaurus, serta gambar garis seorang pria dan wanita.

Kepada jutaan orang yang mengakses geocache, - sebuah permainan berburu harta karun di mana Anda menggunakan GPS di smartphone Anda untuk berburu benda tersembunyi, NASA telah menyembunyikan satu geocache lebih jauh dari yang lain - sebuah koin khusus yang ditempatkan di rover Perseverance.

Koin tersebut adalah bagian dari instrumen SHERLOC (Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics & Chemicals) yang mempelajari lanskap dan atmosfer Mars, dan ditandai dengan alamat detektif fiksi terkenal, 221B Baker Street di London.

SHERLOC juga membawa sepotong meteorit Mars dan empat sampel bahan pakaian antariksa lainnya, yang akan diamati NASA untuk melihat bagaimana benda itu bertahan di permukaan Mars.

Para ilmuwan yang membangun Perseverance's SuperCam juga telah menambahkan potongan meteorit Mars mereka sendiri.

SuperCam, adalah instrumen laser yang menghantam bebatuan dan "tanah" di permukaan Mars untuk mengetahui bahan penyusunnya.

Potongan batu khusus di SuperCam ini melakukan perjalanan pulang-pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sebelum para ilmuwan menempatkannya ke rover Perseverance NASA. 

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓