Korea Selatan: Vaksin Pfizer Ampuh 95 Persen Lawan COVID-19

Oleh Tommy Kurnia pada 24 Feb 2021, 05:30 WIB
Diperbarui 24 Feb 2021, 09:29 WIB
Melihat Petugas Medis di Korea Selatan Latihan Suntik Vaksin COVID-19
Perbesar
Petugas medis menghadiri pelatihan cara memberikan suntikan vaksin virus corona di Asosiasi Perawat Korea di Seoul, Korea Selatan (17/2/2021). Korea Selatan berencana untuk memulai inokulasi virus COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca pada 26 Februari mendatang. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Seoul - Panel kesehatan Korea Selatan (Korsel) menyatakan vaksin Pfizer ampuh 95 persen melawan COVID-19. Penggunaannya juga dianjurkan bagi anak usia 16 tahun.

Dilaporkan Yonhap, Rabu (24/2/2021), panel kesehatan tersebut memberi rekomendasi kepada Kementerian Makanan dan Keselamatan Obat Korsel agar mengizinkan suntikan dua dosis vaksin Pfizer. Tak hanya untuk anak muda, vaksin ini juga bisa untuk lansia usia 65 tahun ke atas.

Review vaksin Pfizer itu melibatkan 3.448 partisipan di enam negara. Setengah menerima Pfizer, setengah pagi menerima vaksin plasebo.

Hasilnya, vaksin menunjukan efikasi sebesar 95 persen dalam mencegah COVID-19 pada orang-orang tanpa infeksi pada tujuh hari atau lebih setelah pemberian dosis kedua. Sementara, reaksi parah dari vaksin ini hanya 0,6 persen.

Peninjauan dari panel tersebut adalah satu dari tiga langkah evaluasi independen sebelum kementerian memberi persetujuan final.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Pengumuman Final

Menikmati Hari Musim Gugur yang Hangat di Taman Olimpiade
Perbesar
Orang-orang menikmati hari musim gugur yang hangat di Taman Olimpiade di Seoul, Korea Selatan (15/10/2020). Banyak warga memilih datang ke taman-taman publik untuk melakukan aktivitas luar ruangan di tengah musim gugur. (Xinhua/Wang Jingqiang)

Pemerintah Korsel akan mengumumkan hasil review kedua pada Kamis 25 Februari besok, kemudian pengumuman final pada Jumat.

Setelahnya, vaksin Pfizer akan dipakai kepada 58.500 pegawai kesehatan yang merawat pasien COVID-19 pada Sabtu 27 Februari mendatang.

Vaksinasi akan dilakukan di lima fasilitas vaksinasi milik negara, sebab Pfizer butuh tempat penyimpanan ultra-dingin. Rencananya, Korsel akan membangun 120 fasilitas lagi di rumah sakit umum, gymnasium, dan lokasi pemerintah lain.

Vaksin Pfizer sudah disetujui oleh WHO untuk digunakan dan dapat didistribusi oleh COVAX.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksin COVID-19:

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓