Sukses

Gara-Gara Makan Sepatu Turis, Perut Buaya Ini Dibedah

Seekor buaya nil di kebin Binatang Florida harus melakukan operasi karena memakan sepatu milik turis.

Liputan6.com, Jakarta Seekor buaya nil bernama Anuket harus menjalani operasi di Florida, Amerika Serikat (AS), karena menelan sepatu milik turis.

Dilansir dari CNN, semua bermula ketika sebuah sepatu terlepas dari kaki seorang turis yang melakukan ziplining -- luncur gantung -- di atas habitat buaya di Taman Zoologi Peternakan Buaya St. Augustine pada bulan Desember lalu.

Anuket, yang tinggal di kandang bersama buaya lain, memakan sepatu itu.

Dokter hewan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Florida pun telah melakukan operasi pada Anuket 5 Februari. Namun sayang, upaya untuk mengeluarkan benda dari perut buaya seberat 10,5 kaki dan seberat 341 pon itu tidak membuahkan hasil.

"Selama kunjungan terakhirnya ke UF, petugas pengobatan kebun binatang Garrett Fraess pada awalnya berusaha untuk melepaskan sepatu dengan mengangkat lengannya ke atas dan melalui kerongkongan buaya tetapi tidak berhasil," kata postingan tersebut.

 

Saksikan Video Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi Kedua Berakhir Sukses

Dr. Biedrzycki kemudian melakukan gastrotomi untuk mempermudah melepas sepatu. Dan kali ini, operasinya sukses.

"Tim kebun binatang kemudian membawa Anuket untuk operasi, di mana Dr. Adam Biedrzycki, seorang ahli bedah hewan besar, berusaha memanipulasi sepatu melalui sayatan dan mendorongnya dari perut ke kerongkongan, di mana Fraess berharap bisa merasakan dan meraih pegang sepatu untuk menariknya keluar. Upaya itu juga gagal. "

Setelah sepatu dilepas, Anuket dikembalikan ke rumahnya dan menjalani pemulihan.

"Anuket pulih dengan baik di kebun binatang, tetapi pemulihan penuhnya akan memakan waktu cukup lama, sebelum dia dapat bergabung kembali dengan buaya lain di Oasis," kata kebun binatang itu dalam sebuah posting media sosial.

Kini, Taman Zoologi Penangkaran Buaya St. Augustine mengabarkan bahwa Anuket telah pulih namun belum dipamerkan.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.