Sukses

Waspada, Ini 5 Bahaya Jika Sering Duduk dengan Kaki Bersilang

Beberapa hal ini akan terjadi jika Anda sering menyilangkan kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki cara duduk dan merasa nyaman dengan caranya masing-masing. Namun, hanya karena kita merasa nyaman bukan berarti itu baik.

Faktanya, salah satu cara duduk yang lebih populer, yaitu dengan menyilangkan kaki, dapat memberikan banyak efek negatif pada. Dan kita harus benar-benar mempertimbangkan untuk menghentikannya.

Penting untuk belajar duduk tegak sepanjang waktu - tidak hanya baik untuk seluruh tubuh, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

Berikut 5 alasan penting mengapa Anda harus menghindari duduk kaki bersilang:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Memicu Kelumpuhan Saraf

Saat Anda duduk dengan kaki menyilang dalam waktu lama, hal itu dapat menyebabkan kondisi yang disebut kelumpuhan saraf.

Selama itu, Anda menjadi tidak dapat mengangkat kaki, itu dapat menyebabkan mati rasa pada otot, dan bahkan bisa melukai saraf peroneal.

3 dari 6 halaman

2. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut penelitian ini, menyilangkan kaki setinggi lutut secara signifikan meningkatkan tekanan darah. Juga dipastikan bahwa tidak ada lonjakan tekanan darah saat menyilangkan kaki di pergelangan kaki, dan untungnya bagi kami, lonjakan darah tersebut hanya bersifat sementara.

Namun, disarankan untuk menghindari menyilangkan kaki jika Anda adalah penderita tekanan darah tinggi.

4 dari 6 halaman

3. Menyebabkan Postur Tubuh yang Buruk

Menurut penelitian ini, duduk dengan kaki disilangkan selama lebih dari 3 jam per hari dapat menyebabkan bahu dan panggul miring ke samping, dan mungkin menyejajarkan kepala lebih jauh ke depan.

Ini juga dapat menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang Anda, dan postur tubuh yang tidak tepat menyebabkan nyeri dan kekakuan pada otot.

5 dari 6 halaman

4. Menyebabkan Nyeri pada Persendian

Menyilangkan kaki tidak hanya buruk untuk postur tubuh, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri pada persendian. Itu bisa melukai leher, panggul, punggung bawah, dan lutut.

Dan sebaiknya menghindari menyilangkan kaki jika Anda sudah mengalami nyeri lutut.

6 dari 6 halaman

5. Menyebabkan Pergelangan Kaki Bengkak Selama Kehamilan

Hindari menyilangkan kaki selama kehamilan - ini sangat aman untuk bayi, tetapi dapat menyebabkan pergelangan kaki bengkak dan kram kaki. Jika Anda mengalami salah satu dari efek ini, cobalah duduk dengan kedua kaki di lantai atau angkat.

 

Repoter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.