Sukses

Telan Biaya Rp 5,6 Miliar, Rumah Berusia 139 Tahun Ini Dipindahkan Pakai Truk

Pemindahan rumah tua berusia 139 tahun itu telah direncanakan selama bertahun tahun.

Liputan6.com, San Fransisco- Sebuah rumah tua dengan gaya arsitektur victoria di Amerika Serikat (AS) dipindahkan ke alamat baru. Rumah berusia 139 tahun itu mulanya berlokasi di kawasan Franklin St, San Fransisco.

Rumah berwarna hijau dengan jendela besar dan pintu depan berwarna cokelat itu tampak diangkut oleh sebuah truk besar dan dipindahkan pada Minggu (21/2) ke lokasi yang berjarak enam blok dari lokasi sebelumnya.

Para warga yang berada di sekitar kawasan itu pun berkesempatan menyaksikan dan mengabadikan momen dipindahkannya bangunan tersebut.

Rumah itu, dipindahkan ke 635 Fulton St, seperti dilansir Associated Press, Senin (22/2/2021).

Laporan San Francisco Chronicle menyebut, pemindahan rumah tua itu telah direncanakan selama bertahun tahun.

Veteran pemindah rumah, Phil Joy menuturkan kepada surat kabar itu bahwa dia harus mendapatkan izin dari lebih dari 15 agen kota.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemindahan Rumah Habiskan Dana hingga Rp 5,6 Miliar

Phil Joy pun mengungkapkan bahwa langkah ini sebagian rumit karena bagian pertama dari pemindahan rumah adalah dengan melintasi bukit. 

"(Melintasi bukit) itu selalu sulit untuk sebuah rumah," katanya.

Sepanjang perjalanan saat rumah dipindahkan, otoritas pun harus merombak meteran parkir, dahan pohon yang dipangkas, serta rambu lalu lintas dipindahkan.

Pemilik rumah dengan enam kamar tidur itu, yakni  Tim Brown, akan membayar sekitar US$ 400.000 atau setara Rp 5,6 miliar untuk biaya pemindahan, menurut Chronicle.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.