Telan Biaya Rp 5,6 Miliar, Rumah Berusia 139 Tahun Ini Dipindahkan Pakai Truk

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 22 Feb 2021, 14:19 WIB
Diperbarui 22 Feb 2021, 14:19 WIB
Rumah Dua Lantai Berusia 139 Tahun Diangkut dengan Truk
Perbesar
Pekerja memberi arahan kepada sopir truk yang sedang menarik rumah bergaya Victoria berusia 139 tahun di San Francisco, Minggu (21/2/2021). Rumah dua lantai yang dibangun pada tahun 1882 tersebut dipindahkan ke lokasi baru yang berjarak hanya enam blok. (AP Photo/Noah Berger)

Liputan6.com, San Fransisco- Sebuah rumah tua dengan gaya arsitektur victoria di Amerika Serikat (AS) dipindahkan ke alamat baru. Rumah berusia 139 tahun itu mulanya berlokasi di kawasan Franklin St, San Fransisco.

Rumah berwarna hijau dengan jendela besar dan pintu depan berwarna cokelat itu tampak diangkut oleh sebuah truk besar dan dipindahkan pada Minggu (21/2) ke lokasi yang berjarak enam blok dari lokasi sebelumnya.

Para warga yang berada di sekitar kawasan itu pun berkesempatan menyaksikan dan mengabadikan momen dipindahkannya bangunan tersebut.

Rumah itu, dipindahkan ke 635 Fulton St, seperti dilansir Associated Press, Senin (22/2/2021).

Laporan San Francisco Chronicle menyebut, pemindahan rumah tua itu telah direncanakan selama bertahun tahun.

Veteran pemindah rumah, Phil Joy menuturkan kepada surat kabar itu bahwa dia harus mendapatkan izin dari lebih dari 15 agen kota.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Saksikan Video Berikut Ini:


Pemindahan Rumah Habiskan Dana hingga Rp 5,6 Miliar

Rumah Dua Lantai Berusia 139 Tahun Diangkut dengan Truk
Perbesar
Pekerja melewati rumah bergaya Victoria berusia 139 tahun yang sedang ditarik sebuah truk di jalanan San Francisco, Minggu (21/2/2021). Sepanjang rute, meteran parkir rusak, dahan pohon dipangkas dan rambu lalu lintas dipindahkan. (AP Photo/Noah Berger)

Phil Joy pun mengungkapkan bahwa langkah ini sebagian rumit karena bagian pertama dari pemindahan rumah adalah dengan melintasi bukit. 

"(Melintasi bukit) itu selalu sulit untuk sebuah rumah," katanya.

Sepanjang perjalanan saat rumah dipindahkan, otoritas pun harus merombak meteran parkir, dahan pohon yang dipangkas, serta rambu lalu lintas dipindahkan.

Pemilik rumah dengan enam kamar tidur itu, yakni  Tim Brown, akan membayar sekitar US$ 400.000 atau setara Rp 5,6 miliar untuk biaya pemindahan, menurut Chronicle.


Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19
Perbesar
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya