Sukses

Gelombang Pertama Vaksin COVID-19 Malaysia Tiba di Kuala Lumpur dan Johor

Gelombang pertama vaksin COVID-19 Malaysia telah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Minggu 21 Februari 2021.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Gelombang pertama vaksin COVID-19 Malaysia telah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Minggu 21 Februari 2021. Bagian lain dari vaksin gelombang pertama itu dikirim via darat dari Singapura ke Johor pada sore hari yang sama.

Total 312.390 dosis melakukan beberapa pemberhentian sejak meninggalkan pabrik Pfizer di Belgia, termasuk Leipzig, Jerman dan Singapura, yang merupakan pusat distribusi Asia-Pasifik untuk vaksin Pfizer-BioNTech yang sangat ditunggu-tunggu.

Sekitar 16 lokasi rahasia secara nasional akan menampung sementara vaksin Malaysia, termasuk empat di Johor yang menerima dosis melalui pengiriman darat dari Singapura.

Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia Khairy Jamaluddin, yang juga bertugas memimpin program imunisasi Covid-19 nasional (NIP), mengatakan kepada wartawan pada hari Minggu bahwa peluncuran vaksinasi akan dimajukan ke hari Rabu 24 Februari dari semula Kamis, dengan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dan Direktur Jenderal Kesehatan Noor Hisham Abdullah akan menjadi orang pertama yang menerima suntikan.

"Mereka akan menerima suntikan pertama mereka setelah rapat Kabinet," kata Khairy seperti dikutip dari Straits Times, Minggu (21/2/2021).

Setengah juta tenaga medis garis terdepan yang menjadi jantung perjuangan bangsa melawan pandemi mematikan, akan diprioritaskan pada tahap pertama NIP.

Individu berisiko tinggi akan menjadi berikutnya, diikuti populasi dewasa umum.

Malaysia menargetkan setidaknya 80 persen orang telah divaksin pada Februari 2022.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 75 Ribu - 150 Ribu Dosis Per Hari

Laporan awal menunjukkan bahwa Malaysia akan mengelola antara 75.000 dan 150.000 dosis per hari.

Itu akan disokong dengan kedatangan gelombang kedua vaksin Pfizer-BioNTech yang akan tiba pada 26 Februari.

Vaksin Sinovac buatan China juga akan mulai tiba pada 27 Februari, meskipun belum mendapat persetujuan penggunaan darurat dari otoritas Malaysia.

Menteri Transportasi Wee Ka Siong juga mengatakan kepada wartawan bahwa ia telah berdiskusi dengan rekannya di Singapura, Ong Ye Kung, sebuah proposal untuk "sertifikasi universal" bagi individu yang telah menyelesaikan imunisasi virus corona mereka. Sertifikasi semacam itu akan memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan antara kedua negara, serta ke negara-negara lain di wilayah tersebut.

"Masalah ini akan dibawa ke Wisma Putra, untuk menerima sertifikasi bersama dengan negara-negara yang membalas," kata Dr Wee, merujuk pada kantor pusat Kementerian Luar Negeri.

"Masalah ini sedang dibahas. Karena proses vaksinasi sedang berlangsung, kami akan menindaklanjuti... mungkin tidak perlu karantina lagi. Hal ini dapat menghidupkan kembali industri penerbangan di Malaysia dan regional," tambahnya.

Mitra logistik DHL mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tantangan utama mengangkut vaksin Pfizer-BioNTech adalah persyaratan untuk suhu rendah minus 80 deg C hingga minus 60 deg C. Ini berarti dosis dikirim dalam kemasan pengirim termal yang dirancang khusus yang disesuaikan oleh produsen yang mencakup suhu dan pelacak GPS.

"Tidak ada upaya yang terhindar dari memastikan bahwa solusi DHL Medical Express kami yang mapan mematuhi persyaratan ketat kecepatan, kualitas, keamanan, dan keandalan dalam hal mengangkut kargo berharga ini," kata kepala eksekutif DHL Express Asia-Pasifik Ken Lee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.