Sukses

Badai Musim Dingin di Texas Picu Listrik Mati hingga Makan Korban Jiwa

Badai musim dingin yang terjadi di Texas, Amerika Serikat mengakibatkan pemadaman listrik hingga korban jiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Badai besar musim dingin yang melanda AS bagian selatan telah menewaskan sedikitnya 21 orang dan menyebabkan jutaan orang menjalani hari tanpa listrik.

Melansir laman BBC, Kamis (18/2/2021), telah terjadi pemadaman yang meluas di Texas, di mana jaringan energi kewalahan oleh tingginya lonjakan permintaan.

Jutaan orang di negara bagian itu, yang jarang mengalami suhu serendah itu, telah berjuang untuk mengatasi kekurangan listrik dan kondisi yang sangat dingin.

Cuaca ekstrim diperkirakan akan berlanjut hingga akhir pekan.

Sementara itu kematian yang diakibatkan oleh badai telah dilaporkan di Texas, Louisiana, Kentucky, North Carolina dan Missouri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Badai Terburuk di Texas

Pada Rabu (17/2) sore, Layanan Cuaca Nasional (NWS) mengatakan bahwa badai terburuk telah bergerak melalui Texas, tetapi menahan lebih dari 100 juta orang Amerika di bawah peringatan cuaca musim dingin. 

Tetapi secara historis, suhu rendah diperkirakan akan bertahan selama berhari-hari, dengan lebih dari 71% wilayah AS tertutup salju.

Badai yang membekukan bahkan telah mencapai bagian utara dan tengah Meksiko, tempat jutaan orang mengalami pemadaman listrik selama berhari-hari.

"Saya di Houston, Texas kedinginan sampai mati," tulis salah satu pengguna Twitter, Chris Prince. 

"Tidak ada listrik, tidak ada pemanas, tidak ada air. Saya punya empat anak kecil. Bagaimana ini terjadi sekarang?"

Pengguna sosial media lain, Josh Morgerman, menulis bahwa seorang teman di Texas terpaksa "membakar furnitur di perapian" agar tetap hangat.

Seorang direktur senior Ercot - Dewan Keandalan Listrik Texas - mengatakan kepada CNN pada hari Rabu bahwa Texas dapat terus mengalami pemadaman listrik bergilir hingga Kamis.

Pemadaman bergilir adalah skenario "kasus terbaik", kata Dan Woodfin. 

"Saya tidak berpikir kemungkinan kami akan memiliki cukup persediaan berdasarkan perkiraan kami ... dan bahwa kami akan membuat semua orang kembali hari ini, atau setidaknya sebelum puncak pagi besok". 

Para ilmuwan telah mengaitkan perubahan iklim dengan peningkatan jumlah peristiwa cuaca buruk di seluruh dunia, termasuk badai, gelombang panas, dan banjir.

3 dari 3 halaman

Korban Jiwa

Kematian yang tercatat termasuk orang-orang yang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas, serta beberapa yang menderita keracunan karbon monoksida akibat menjalankan mobil dan generator di dalam ruangan agar tetap hangat.

"Ini benar-benar bencana kesehatan masyarakat," kata seorang pejabat medis di Houston kepada stasiun televisi lokal KPRC-TV. 

"Keracunan karbon monoksida pasti terjadi saat suhu menjadi dingin, tetapi tidak pernah dalam jumlah ini."

Setidaknya empat orang tewas menyusul kebakaran rumah di Houston yang menurut para pejabat mungkin disebabkan oleh lilin. Secara terpisah, polisi mengatakan dua pria yang ditemukan di sepanjang jalan raya Houston diyakini tewas karena kedinginan.

Negara bagian Texas telah mengalami suhu terdingin dalam lebih dari 30 tahun sebanyak beberapa kali. Beberapa daerah mencapai 0F (-18C) pada hari Minggu - dan Presiden AS Joe Biden sebelumnya menyetujui keadaan darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.