Sukses

Tumbuhan Super yang Jadi Paru-Paru Mediterania Ini Terancam Punah

Posidonia Oceanica merupakan rumput bawah laut yang disebut sebagai paru-paru Mediterania.

Liputan6.com, Spanyol - Pulau kecil Formentera di pantai timur Spanyol memiliki beberapa pantai paling spektakuler di dunia.  Kebanyakan orang tidak menyadari sebagian besar keindahan ini disebabkan oleh tanaman endemik Posidonia Oceanica, rumput bawah laut yang disebut "paru-paru Mediterania".

Dikutip dari BBC, Senin (15/2/2021), rumput bawah laut tersebut dinamai Poseidon --Dewa Laut Yunani-- karena "tumbuhan super" yang berbunga ini menghampar luas di Mediterania. Mereka hidup di padang rumput bawah tanah padat yang dapat membentang ratusan kilometer dan telah ada lebih dari 100.000 tahun, menjadikannya satu dari organisme tertua di Bumi.

Tumbuhan ini juga sangat efektif dalam menyaring air dan menghasilkan oksigen. Faktanya, 1 meter persegi Posidonia menghasilkan oksigen untuk 1 hektar hutan hujan Amazon.

Terlepas dari undang-undang Eropa untuk melindungi spesies tersebut, Posidonia Oceanica berada dalam ancaman besar. Mereka diprediksi akan menghilang dalam beberapa dekade mendatang.

Kombinasi pencemaran, peningkatan aktivitas penangkapan ikan, limbah yang tidak diolah dibuang ke laut, dan penarikan jangkar dari semakin banyak perahu di lepas pantai Formentera, telah menyapu lebih dari 30% padang rumput Posidonia dalam beberapa tahun terakhir dan mengancam Ekosistem Mediterania.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manu San Felix, Pembuat Film Bawah Air yang Mengabdikan Hidupnya untuk Tumbuhan Ini

Selama 30 tahun terakhir, pembuat film bawah air Spanyol, instruktur selam, dan ahli biologi kelautan bernama Manu San Felix, telah mengabdikan hidupnya untuk menyelamatkan tumbuhan berbahaya tersebut.

Dari pusat menyelamnya di Formentera, ia telah meningkatkan kesadaran tentang perlunya melestarikan padang rumput Posidonia dan bekerja untuk melindungi lebih dari 13.000 hektar laut di Taman Alam Ses Salinas antara Formentera dan Ibiza.

Baru-baru ini, San Felix telah memetakan dasar laut di lepas pantai Formentera dan mengembangkan aplikasi untuk menunjukkan lokasi padang rumput Posidonia sehingga perahu dapat menghindari tambatan di atasnya.

Seperti yang dijelaskan San Felix, dia jatuh cinta pada Posidonia saat pertama kali melihatnya.

"Sejak itu, saya sepenuhnya berdedikasi untuk mempelajari, memfilmkan, dan menyebarkan nilai tanaman ini," katanya agar generasi mendatang dapat menikmati banyak manfaatnya.

 

Reporter: Paquita Gadin 

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.