Detik-Detik Suami di Korsel Bertemu Mendiang Istri Pakai Teknologi Virtual Reality

Oleh Hariz Barak pada 13 Feb 2021, 18:35 WIB
Diperbarui 13 Feb 2021, 18:35 WIB
ilustrasi masak bareng keluarga saat puasa/pexels
Perbesar
ilustrasi masak bareng keluarga saat puasa/pexels

Liputan6.com, Seoul - Realitas virtual atau virtual reality (VR) berpotensi mengubah hidup kita dalam sejumlah cara, salah satunya rupanya adalah kemungkinan untuk bersatu kembali dengan orang-orang terkasih yang telah meninggal dunia.

Televisi Korea Selatan MBC baru-baru ini mulai menyiarkan musim kedua dari film dokumenter hit-nya, "I Met You", sebuah program unik yang menggunakan peralatan dan perangkat lunak VR canggih untuk menyatukan kembali orang-orang dengan orang yang mereka cintai yang telah meninggal dan memungkinkan mereka untuk membuat satu memori lagi bersama-sama.

Jaringan itu menghabiskan berbulan-bulan untuk setiap kasus, menyusun reuni emosional dalam realitas virtual, tetapi sementara respons dari publik umumnya positif, ada kritikus yang menggambarkannya sebagai manipulatif secara emosional, demikian seperti dikutip dari Odditycentral, Sabtu (13/2/2021).

Kim Jung-soo yang berusia 51 tahun adalah protagonis dari musim kedua I Met You, setelah mendaftar untuk kesempatan untuk melihat mendiang istri tercintanya sekali lagi, bahkan di ruang virtual.

Pria yang dilanda kesedihan itu menghadapi pertentangan dari putri-putrinya ketika dia mengungkapkan rencana untuk muncul di I Met You, karena mereka pikir itu akan terlalu menyakitkan baginya, tetapi dia berhasil meyakinkan mereka bahwa itu adalah apa yang dia inginkan.

'"Ini adalah keinginan terakhir saya,'' katanya, itu sebabnya kami memutuskan untuk mengizinkannya bertemu Ibu lagi," kata putri sulung duda itu pada program tersebut.

"Dia akan menciumnya dari waktu ke waktu ketika bekerja, ketika makan, atau ketika menonton TV," kenang putri Kim yang lain, Jong-yun.

"Bahkan ketika ibu saya sakit dan kehilangan rambutnya, ayah saya akan mengatakan bahwa dia cantik dan membawanya berkeliling."

Pria Korea Selatan itu kehilangan istrinya empat tahun yang lalu karena penyakit yang ganas. Duda itu kini sendirian untuk merawat kelima anak mereka,

Pria itu mengaku bahwa memori akan sang istri tidak pernah meninggalkan pikirannya, dan keinginan terbesarnya adalah untuk "melihat bayangannya sekali lagi".

2 dari 4 halaman

Berikut videonya:

3 dari 4 halaman

Pakai CGI

Ilustrasi VR, Virtual Reality, VR Headset, Virtual Reality Headset
Perbesar
Ilustrasi VR, Virtual Reality, VR Headset, Virtual Reality Headset. Kredit: Jan Vašek (JESHOOTS-com) via Pixabay

Jaringan televisi Korea Selatan dilaporkan menghabiskan 6 bulan menyusun pengalaman VR yang mendalam, guna meyakinkan penonton bahwa hal tersebut adalah mungkin.

Mereka menyewa seorang aktris dan menggunakan setelan penangkap gerakan untuk menciptakan kembali perilaku istri Kim dalam realitas virtual. Model digital yang sangat realistis darinya juga dibuat menggunakan CGI, dan seorang pengisi suara melakukan yang terbaik untuk mereproduksi suara wanita itu.

Ketika waktu untuk bersatu kembali dengan istrinya akhirnya datang, Kim yang bermata berkaca-kaca memasuki rumah virtual di mana ia akhirnya akan bertemu pasangan tercintanya.

Asia One melaporkan bahwa anak-anak pria itu, yang sedang menonton reuni emosional di monitor, juga menangis, seperti beberapa anggota staf MBC.

Tahun lalu, I Met You menjadi berita utama internasional setelah memungkinkan reuni antara ibu yang patah hati dan putrinya yang masih kecil, yang telah meninggal karena haemochromatosis. Pada saat itu, film dokumenter ini memicu perdebatan tentang penggunaan realitas virtual, tetapi terlepas dari beberapa kritik, program TV mendapat musim keduanya.

Pendapat tentang program TV Korea Selatan itu masih bercampur aduk, dengan beberapa mengatakan bahwa itu memberi orang kisah akhir dengan orang terkasih mereka yang telah tiada, dan yang lain mengklaim bahwa itu mencegah orang melepaskan masa lalu dan membangun kembali kehidupan mereka, dan dapat menyebabkan mereka menjadi terobsesi dengan realitas virtual.

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓