Sukses

9 Tips Jika Tidak Punya Waktu untuk Mandi di Pagi Hari

Tak punya waktu untuk mandi di pagi hari? Sejumlah tips ini bisa Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tahu bagaimana rasanya ketika harus pergi ke suatu tempat pada pagi hari sehingga tidak punya waktu untuk sarapan, apalagi mandi.

Hal ini bisa menjadi masalah jika tubuh terasa tidak bersih dan orang mengetahui jika kita tidak mandi saat pergi ke luar rumah.

Dikutip dari Bright Side, Kamis (11/2/2021), ada solusi untuk masalah tidak sempat mandi ataupun keramas, karena wajah, tubuh dan rambut yang tampak berminyak dapat diatasi tanpa harus mandi ataupun keramas.

Beberapa tips ini mungkin bisa dipakai ketika tidak memiliki banyak waktu untuk bersiap-siap di pagi hari seperti mandi ataupun keramas.

1. Toner Cuka Sari Apel

Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Campurkan segelas air dengan 2 sendok makan cuka sari apel, bisa juga dengan menggunakan cuka organik, dan semprotkan toner ini ke rambut atau kulit kepala ketika tiba-tiba rambut terasa berminyak namun tidak memiliki waktu untuk keramas ataupun mandi.

Cuka sari apel dapat membantu memulihkan pH kuli dan membantu rambut terlihat bercahaya meskipun tidak keramas menggunakan shampoo pada hari itu.

Jangan terlalu khawatir tentang bau seperti cuka, karena baunya akan hilang setelah rambut kering.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Gunakan Parfum

Agar pakaian tetap wangi dan segar di siang hari, meskipun tidak sempat mandi di pagi hari, selalu menyemprotkan sedikit penyegar kain atau parfum pada pakaian tersebut sebelum memakainya.

Karena dengan dibantu oleh pengharum pakaian ketika beraktivitas selama satu hari dapat mencegah timbulnya bau tidak sedap dari dalam tubuh.

3. Menggunakan Kertas Beras

ilustrasi kertas minyak tidak boleh digunakan terlalu sering/pixabay

Menggunakan beberapa lembar kertas beras dapat membantu jika tidak punya waktu untuk mencuci muka di pagi hari.

Meski tampaknya aneh dan tidak mungkin, kertas nasi akan mencegah wajah dari penampilan berminyak yang akan membuatmu tidak percaya diri saat pergi.

Meskipun metode ini bukan pengganti sabun dan pembersih air, namun dapat mengurangi pori-pori yang mengilap dan terbuka.

Caranya cukup sederhana yaitu cukup oleskan di area wajah dan leher dengan kertas beras untuk menyerap minyak berlebih dari kulit dan membuat wajah terlihat cerah.

 

 

3 dari 6 halaman

4. Menggunakan Bedak Tabur

Jika tidak memiliki waktu untuk mandi dan kehabisan deodoran, dapat menggantinya dengan bedak tabur.

Taburkan sebagian di ketiak, kaki, dan bagian tubuh yang paling banyak berkeringat, bedak tabur akan membantu untuk menjauhkan bau tak sedap serta menjaga area tubuh tetap kering.

Sebenarnya, trik ini adalah obat yang umum digunakan pada abad ke-19 untuk menyamarkan bau badan, jadi, pada zaman dahulu, bedak tidak hanya dijual untuk digunakan pada bayi dan balita.

5. Menyikat Tubuh Dengan Sikat Kering

Menyikat tubuh. (Via: pourlemieux.com)

Selain menjadi pilihan yang sangat baik untuk menstimulasi sirkulasi darah, cara ini juga bisa menjadi alternatif yang baik jika terlalu sibuk di pagi hari dan tidak memiliki waktu untuk mandi.

Menggunakan sikat berbulu alami, sebaiknya yang memiliki gagang panjang, sehingga dapat membuang sejumlah racun dan sel kulit mati ditubuh.

Manfaat tambahannya adalah bahwa teknik sederhana ini dapat memberikan efek memberi energi, sehingga ideal untuk memulai hari.

 

4 dari 6 halaman

6. Menyeka Tubuh

Ada produk sekali pakai di pasaran yang dirancang khusus untuk sebagian orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mandi.

Namun, perlu diingat bahwa bisa juga menggunakan tisu bayi alih-alih produk khusus.

Pastikan selalu untuk menggunakan lap yang berbeda saat membersihkan wajah dan bagian tubuh yang lainnya.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan kain atau handuk bersih dan sedikit dibasahi untuk menyeka tubuh Anda.

7. Menggunakan Lotion

Ilustrasi body lotion. (dok. pexels.com/Raw Pixel)

Bisa jadi pilihan paling umum saat tidak mandi adalah menggunakan krim atau lotion yang wangi untuk menutupi bau yang tidak sedap dan tetap merasa segar apa pun yang terjadi.

Mengoleskan lotion ke seluruh tubuh juga bisa membuat kulit terasa lebih lembab dan tidak kering sehingga terasa lebih nyaman.

5 dari 6 halaman

8. Menggunakan Dry Shampoo

Untuk memastikan rambut tidak terlihat terlalu berminyak, bisa menggunakan sedikit dry shampoo sebelum meninggalkan rumah untuk beraktivitas di luar.

Jika berencana untuk tidak mandi di pagi hari karena suatu alasan, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menerapkannya pada malam sebelumnya.

Mulailah dengan mengurai rambut, membaginya menjadi beberapa bagian, dan menyemprotkan dry shampoo ke akar rambut, lalu biarkan selama 10 menit dan tata rambut seperti biasa.

9. Menggunakan Minyak Esensial

Ilustrasi minyak esensial. Sumber foto: unsplash.com/Tiara Leitzman.

Adanya bakteri dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya bau tidak sedap pada tubuh kita.

Minyak esensial dengan pewangi seperti peppermint, jeruk, atau lemon, dan lain sebagainya memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu melawan bau tak sedap, selain itu juga memberi aroma yang segar dan menyenangkan.

Cara menggunakannya bisa mengoleskannya sedikit saja di area yang paling sering berkeringat agar lebih bersih dan harum di siang hari.

 

Reporter: Veronica Gita

6 dari 6 halaman

Infografis 9 Waktu Tepat Cuci Tangan Hindari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.