Sukses

Sebagian Besar Jaksa Federal Era Donald Trump Diminta Mengundurkan Diri

Departemen Kehakiman AS meminta sebagian besar jaksa federal yang ditunjuk pada era Presiden Donald Trump untuk mengundurkan diri.

Liputan6.com, Washington D.C- Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) meminta sebagian besar jaksa federal yang ditunjuk pada pemerintahan mantan Presiden Donald Trump untuk mengundurkan diri. 

Namun, beberapa jaksa yang menangani penyelidikan politik sensitif era Trump diperkirakan tetap akan menjabat.

Dikutip dari US News, Rabu (10/2/2021) Pelaksana Tugas (Plt) Jaksa Agung AS Robert Wilkinson dilaporkan meminta jaksa Delaware, yaitu David Weiss, yang mengawasi pemeriksaan pajak putra Presiden Joe Biden untuk tetap menjabat. 

Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat Departemen Kehakiman AS kepada Reuters.

Sementara itu, John Durham, yang ditunjuk sebagai penasihat khusus oleh mantan Jaksa Agung William Barr untuk menyelidiki asal-usul penyelidikan federal terkait keterkaitan Trump, tim kampanyenya dan Rusia, juga akan melanjutkan pekerjaannya tetapi akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai jaksa federal AS di Connecticut. 

"Kami berkomitmen untuk memastikan transisi yang mulus," kata Wilkinson dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat penegak hukum lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa Departemen Kehakiman AS juga diperkirakan akan meminta Michael Sherwin, yang menjabat Pelaksana Tugas (Plt) jaksa Distrik Kolumbia untuk terus melaksanakan peran besar dalam mengawasi penyelidikan kerusuhan di Gedung Capitol Hill pada 6 Januari lalu.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inisiatif Joe Biden Pulihkan Independensi Departemen Kehakiman AS

Gedung Putih mengatakan dalam pernyataannya pada Selasa (9/2) bahwa keputusan untuk mempertahankan beberapa pejabat yang menangani kasus sensitif menekankan komitmen Biden untuk menjaga Departemen Kehakiman AS tetap independen.

"Presiden juga telah menjelaskan bahwa ia ingin memulihkan independensi Departemen Kehakiman dan memastikannya tetap bebas dari pengaruh politik yang tidak semestinya," kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki.

Sementara itu, senator AS juga meninjau aplikasi untuk kemungkinan kandidat jaksa AS, kata seorang staf di beberapa kantor kongres kepada Reuters.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Hindari Penularan COVID-19 Saat Musim Hujan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.