Sukses

Sudah 3 Hari, Waktu Evakuasi Korban Bencana Gletser Himalaya di India Hampir Habis

Proses evakuasi korban bencana gletser Himalaya belum kunjung rampung.

Liputan6.com, Uttarakhand - Puluhan orang masih terperangkap di dalam terowongan, setelah tiga hari banjir bandang dahsyat yang kemungkinan disebabkan semburan gletser di utara Himalaya India. Menurut para pejabat setempat, waktu untuk menyelamatkan mereka telah hampir habis.

Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (10/2/2021), lebih dari 170 orang masih hilang setelah rentetan air dan puing-puing yang dibawa Gletser Himalaya menerjang dengan kecepatan yang mengerikan dan aliran listrik menuruni lembah pada Minggu pagi, menyapu jembatan dan jalan serta menghantam dua pembangkit listrik tenaga air.

Sejauh ini tiga puluh dua mayat telah ditemukan, kata para pejabat pada hari Rabu. Mungkin perlu waktu berhari-hari untuk menemukan lebih banyak jasad korban di bawah batu berton-ton dan puing-puing lainnya, serta lapisan tebal lumpur abu-abu.

Saat ini, 25 jasad masih belum diidentifikasi. Banyak dari korban adalah pekerja miskin dari ratusan mil jauhnya di bagian lain India yang keberadaannya pada saat bencana mungkin tidak diketahui.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Evakuasi

Fokus utama dari operasi penyelamatan besar-besaran, yang berlangsung siang dan malam sejak Minggu, adalah terowongan di dekat pembangkit listrik tenaga air yang rusak parah yang sedang dibangun di Tapovan di negara bagian Uttarakhand.

Pekerja di sana telah berjuang melewati ratusan ton lumpur, batu besar, dan rintangan lainnya untuk mencoba dan menjangkau 34 orang yang diharapkan masih hidup. 

"Seiring berjalannya waktu, kemungkinan menemukan mereka semakin berkurang. Tapi keajaiban memang terjadi," kata Piyoosh Rautela, seorang pejabat senior bantuan bencana negara kepada AFP.

"Hanya ada banyak yang bisa dilakukan seseorang. Kita tidak bisa mendorong beberapa buldoser bersama-sama. Kami bekerja sepanjang waktu, kawan, mesin kita semua bekerja sepanjang waktu. Tapi jumlah puing sangat banyak sehingga akan terbuang percuma. Butuh waktu beberapa saat untuk memindahkan semua itu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.