Sukses

Indonesia Tak Pesan Vaksin COVID-19 Sputnik V Meski Murah, Ini Respons Dubes Rusia

Vaksin Sputnik V disebut sebagai yang paling murah di dunia, namun Indonesia tidak ikut pesan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah memesan beberapa jenis vaksin COVID-19 dari China, Amerika Serikat, dan Inggris. Rusia juga menawarkan vaksin Sputnik V, tetapi tidak mendapat orderan dari Indonesia.

Dari segi harga, Rusia menyebut vaksin Sputnik V sebagai yang termurah. Sputnik V juga sudah dipakai Rusia dan dipesan beberagai negara, seperti Kazakhstan, Iran, dan Argentina. 

Menyikapi hal tersebut, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova, mengaku tidak kecewa pada keputusan Indonesia, sebab sudah banyak negara lain yang memesan Sputnik V. 

"Ada 23 negara sejauh ini yang telah meregistrasi Sputnik V dan beberapa sudah mulai memvaksinasi populasinya dengan Sputnik V. Jadi kami tidak bisa bilang kami kecewa. Ini adalah hak setiap (negara) untuk mendapat vaksin dari berbagai perusahaan yang pemerintah anggap layak," ujar Dubes Lyudmila pada konferensi pers virtual, Rabu (10/2/2021).

Dubes Lyudmila mengatakan, vaksin COVID-19 Sputnik V adalah yang paling terjangkau di dunia. Harganya kurang dari US$ 10 per dosis. 

Rusia siap menyediakan vaksin Sputnik V ke pemerintah Indonesia apabila kelak mendapat pesanan. "Saya hanya ingin menekankan bahwa kita siap menyediakan vaksin Sputnik V," tegas Dubes Lyudmila.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vaksin untuk Swasta

Pemerintah Rusia juga berminat untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan swasta yang ingin vaksinasi pegawainya. 

"Hal itu kemungkinan dilakukan dalam rangka menyediakan vaksin untuk perusahaan swasta, untuk pegawai mereka, dan keluarga mereka," ujar Dubes Lyudmila.

Pada akhir 2020, Rusia telah mendaftarkan Sputnik V ke BPOM RI. Rusia masih menantikan hasilnya. 

Rusia memiliki tiga vaksin COVID-19. Selain Sputnik V, Rusia juga punya EpiVacCorona oleh Vector Institute, serta satu vaksin lagi yang dikembangkan Federal Scientific Center for Research and Development of Immune and Biological Products.

3 dari 4 halaman

Program Vaksinasi di Indonesia

Jumlah total penerima vaksinasi COVID-19 tahap pertama per Selasa 9 Februari 2021 mencapai 845.407 orang. Sementara, sebanyak 221.453 orang telah disuntik dua dosis vaksin virus corona.

Menurut data dari laman Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan COVID-19, jumlah penerima vaksin COVID-19 dosis pertama pada Selasa kemarin bertambah 30.822.

Sementara penerima suntikan kedua vaksin virus corona hari ini dilaporkan bertambah sebanyak 50.183.

Total sasaran vaksinasi sumber daya manusia kesehatan hingga hari ini mencapai 1.468.764. Adapun, sasaran ini meliputi tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Sementara, total sasaran vaksinasi COVID-19 di Indonesia mencapai 181.554.465 orang penduduk berusia di atas 18 tahun.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.