Sukses

Paus Fransiskus Serukan Solidaritas Terhadap Rakyat Myanmar Hadapi Kudeta Militer

Paus Fransiskus berbicara soal puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan Yangon dalam unjuk rasa terbesar yang menentang kudeta militer Myanmar.

Liputan6.com, Vatikan - Paus Fransiskus menyatakan "solidaritas terhadap rakyat Myanmar" menyusul kudeta yang dilakukan militer pada pekan lalu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (8/2/2021) ia mendesak tentara untuk bekerja menuju arah yang baik "hidup berdampingan secara demokratis".

Paus Fransiskus berbicara ketika puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan Yangon dalam unjuk rasa terbesar yang menentang kudeta militer Myanmar.

"Saya berdoa agar mereka yang berkuasa di negara ini akan bekerja menuju kebaikan bersama," katanya dari balkon yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus setelah pembacaan doa Angelus Minggu.

Paus Fransiskus, yang mengunjungi Myanmar pada 2017, menyerukan "keadilan sosial, stabilitas nasional, dan koeksistensi demokrasi yang harmonis".

 

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pukul Panci

Beberapa perkiraan menyebutkan jumlah pengunjuk rasa di Yangon mencapai 100.000 dan ada laporan demonstrasi besar-besaran di kota-kota lain.

Lonjakan perbedaan pendapat populer selama akhir pekan mengatasi blokade Internet nasional.

Hal ini serupa besarnya dengan penutupan sebelumnya yang bertepatan dengan penangkapan Aung San Suu Kyi dan para pemimpin senior lainnya.

Seruan secara online untuk memprotes kudeta telah memicu pemberontakan yang berani, termasuk keributan yang memekakkan telinga dari orang-orang yang memukul panci dan wajan.

Hal ini merupakan sebuah praktik yang secara tradisional dikaitkan dengan mengusir roh jahat.

Dalam protesnya, mereka meminta pegawai negeri dan orang-orang yang bekerja di industri lain untuk tidak pergi bekerja dan bergabung dengan protes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.