Sukses

Top 3: Nenek Moyang Manusia di Indonesia hingga Demo Myanmar Bikin Penasaran

Artikel nenek moyang manusia di Indonesia menjadi terpopuler. Ada juga kisah nakes yang tak sengaja disuntik 5 vaksin COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Homo erectus (H. erectus), manusia pertama yang mampu berjalan tegak, adalah salah satu spesies 'nenek moyang' manusia paling dikenal dalam sejarah. Mereka pertama kali muncul di Afrika sekitar 1,9 juta tahun yang lalu. 

Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Nature, H. erectus membuat 'komunitas terakhir' mereka di pulau Jawa 100.000 tahun yang lalu.

Berita mengenai nenek moyang manusia di Indonesia menjadi kabar terpopuler di kanal global Liputan6.com, Senin (8/2/2021).

Selanjutnya, ada berita tentang tenaga kesehatan di Singapura yang tak sengaja disuntik 5 dosis vaksin COVID-19. Demo rakyat Myanmar yang menolak kudeta militer. 

Berikut selengkapnya:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Indonesia Menjadi Rumah Nenek Moyang Manusia?

Homo erectus dalah pembuat alat yang sangat terampil yang telah memberanikan diri keluar benua Afrika menuju Asia, menyeberang ke Jawa melalui jembatan darat sekitar 1,6 juta tahun yang lalu.

Pada saat itu, Jawa memiliki hutan terbuka seperti sabana, tidak seperti geografi tropis yang ada sekarang. Namun lambat laun, permukaan laut mulai naik, mengisolasi spesies H. erectus di Jawa, dan mendorong sisa spesiesnya di seluruh dunia ke kepunahan sekitar 500.000 tahun yang lalu. 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Nakes Kesehatan Singapura Disuntik 5 Dosis Vaksin COVID-19 Sekaligus,

Seorang tenaga kesehatan di Singapore National Eye Centre (SNEC) telah keliru menerima setara dengan lima dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 dalam satu kali suntikan. Insiden itu terjadi dalam sebuah simulasi vaksinasi pada 14 Januari 2021 silam, kata SNEC pada Sabtu 6 Februari 2021.

Kesalahan ditemukan dalam beberapa menit setelah vaksinasi, ketika anggota staf beristirahat di area yang ditentukan. 

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Demonstrasi di Myanmar

Ribuan orang telah turun ke jalan-jalan di kota utama Myanmar, Yangon pada Minggu 7 Februari 2021 untuk hari kedua protes massa menentang kudeta militer 1 Februari 2021.

Pria dan wanita, banyak dari mereka berusia muda, mengangkat gambar pemimpin sipil yang saat ini ditahan, Aung San Suu Kyi dan mengenakan warna merah, warna partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi. 

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.