Sukses

Gletser Himalaya Pecah Picu Banjir Besar di India, 11 Orang Dilaporkan Tewas

Ratusan tentara dan helikopter militer telah dikirim ke wilayah tersebut untuk membantu upaya penyelamatan korban di India.

Liputan6.com, Uttarakhand - Sedikitnya 11 orang tewas dan 145 hilang setelah sepotong gletser Himalaya jatuh ke sungai dan memicu banjir besar di India utara. Luapan air itu menghancurkan bendungan dan mengalir melalui lembah di negara bagian Uttarakhand, India .

Sebagian besar yang hilang diyakini merupakan pekerja dari dua pembangkit listrik tenaga air di daerah tersebut, seperti dikutip dari laman BBC, Senin (8/2/2021). Ratusan tentara dan helikopter militer telah dikirim ke wilayah tersebut untuk membantu upaya penyelamatan.

Para ahli sedang menyelidiki insiden tersebut meskipun belum jelas apa yang mungkin menyebabkan insiden tersebut. Para pejabat mengatakan, sejauh ini 25 orang telah diselamatkan.

Dalam sebuah tweet, Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, dia terus mencermati situasi di Uttarakhand.

"Telah terus-menerus berbicara dengan pihak berwenang dan mendapatkan pembaruan tentang penyebaran, pekerjaan penyelamatan dan operasi bantuan," katanya dalam sebuah tweet.

"India menaruh simpati pada Uttarakhand dan negara berdoa untuk keselamatan semua orang di sana."

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Belasungkawa Pemimpin Dunia

Para pemimpin dari seluruh dunia juga telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban.

"Hati dan pikiran saya bersama orang-orang India dan pekerja penyelamat di Uttarakhand saat mereka menanggapi banjir dahsyat," kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dalam tweet.

"Inggris berdiri dalam solidaritas dengan India dan siap menawarkan dukungan yang diperlukan."

Polisi Uttarakhand mengatakan, longsoran salju terjadi sekitar pukul 11.00 waktu setempat (05.30 GMT) pada Minggu, menghancurkan bendungan yang dikenal sebagai Proyek Hidroelektrik Rishiganga.

Polisi mengatakan, dampak tersebut melontarkan air di sepanjang sungai Dhauli Ganga, merusak proyek pembangkit listrik di hilir di daerah Tapovan. Seorang saksi mata membandingkan banjir bandang dengan "adegan dari film Bollywood".

Video menunjukkan air banjir mengalir melalui daerah itu, meninggalkan kerusakan setelahnya.

 
 
3 dari 3 halaman

Insiden Serupa

Petugas darurat sebelumnya telah mengevakuasi puluhan desa, tetapi pihak berwenang kemudian mengatakan bahaya banjir utama telah berlalu.

Awak darurat berhasil menyelamatkan 16 pekerja yang terjebak di dalam terowongan yang dipenuhi puing-puing.

Para pejabat mengatakan kepada BBC bahwa sekitar 35 hingga 40 orang lainnya diperkirakan terperangkap di terowongan kedua.

Uttarakhand, di Himalaya bagian barat, rentan terhadap banjir bandang dan tanah longsor.

Sekitar 6.000 orang diyakini tewas akibat banjir pada Juni 2013 yang dipicu oleh hujan monsun terberat dalam beberapa dekade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.