Sukses

Afrika Selatan Tunda Penggunaan Vaksin AstraZeneca untuk Tangani COVID-19 Varian Baru

Afrika Selatan tengah menunda penggunaan vaksin AstraZeneca dalam menangani Virus Corona COVID-19 varian baru di sana.

Liputan6.com, Jakarta - Afrika Selatan telah menunda peluncuran vaksin Oxford-AstraZeneca setelah sebuah penelitian menunjukkan hasil yang "mengecewakan" terhadap Virus Corona COVID-19 varian baru di sana.

Para ilmuwan mengatakan strain itu menyumbang 90% kasus COVID-19 baru di Afrika Selatan.

Melansir laman BBC, Senin (8/2/2021), studi tersebut, yang melibatkan sekitar 2.000 orang, menemukan bahwa vaksin menawarkan "perlindungan minimal" terhadap kasus COVID-19 ringan dan sedang.

Afrika Selatan telah menerima satu juta dosis vaksin AstraZeneca dan akan mulai memvaksinasi orang pekan depan.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin Alternatif

Berbicara pada konferensi pers online pada hari Minggu, Menteri Kesehatan Afrika Selatan Zweli Mkhize mengatakan pemerintahnya akan menunggu saran lebih lanjut tentang cara terbaik untuk melanjutkan vaksin Oxford-AstraZeneca sehubungan dengan temuan tersebut. 

Uji coba tersebut dilakukan oleh University of the Witwatersrand, tetapi belum ditinjau oleh rekan sejawat.

Sementara itu, pemerintah akan menawarkan vaksin yang diproduksi Johnson & Johnson dan Pfizer dalam beberapa pekan mendatang.

"Sayangnya, vaksin AstraZeneca tidak bekerja melawan penyakit ringan dan sedang," kata Prof Shabir Madhi, yang memimpin penelitian tersebut.

Dia mengatakan bahwa penelitian tersebut belum dapat menyelidiki kemanjuran vaksin dalam mencegah infeksi yang lebih serius, karena partisipan berusia rata-rata 31 tahun sehingga tidak mewakili demografi yang paling berisiko mengalami gejala parah akibat virus.

Prof Sarah Gilbert, pemimpin pengembang vaksin di Oxford, mengatakan vaksin tetap harus melindungi dari penyakit parah.

Dia mengatakan pengembang kemungkinan memiliki versi injeksi yang dimodifikasi terhadap varian Afrika Selatan, juga dikenal sebagai 501.V2 atau B.1.351, akhir tahun ini.

Para ahli mengatakan vaksin dapat didesain ulang dan disesuaikan agar lebih cocok untuk varian baru dalam hitungan minggu atau bulan jika perlu.

Hasil awal dari Moderna menunjukkan bahwa vaksinnya masih efektif melawan varian Afrika Selatan, sementara AstraZeneca mengatakan vaksinnya memberikan perlindungan yang baik terhadap varian Inggris yang pertama kali diidentifikasi di Inggris. 

Hasil awal menunjukkan vaksin Pfizer-BioNTech melindungi dari varian baru.

3 dari 3 halaman

Infografis Virus Corona Varian Baru:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.