Sukses

Staf Kesehatan Singapura Disuntik 5 Dosis Vaksin COVID-19 Sekaligus, Bagaimana Kondisinya?

Seorang tenaga kesehatan di Singapore National Eye Centre (SNEC) teStaf Kesehatan Singapura Disuntik 5 Dosis Vaksin COVID-19 Sekaligus, Bagaimana Kondisinya?lah keliru menerima setara dengan lima dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19.

Liputan6.com, Singapura - Seorang tenaga kesehatan di Singapore National Eye Centre (SNEC) telah keliru menerima setara dengan lima dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 dalam satu kali suntikan. Insiden itu terjadi dalam sebuah simulasi vaksinasi pada 14 Januari 2021 silam, kata SNEC pada Sabtu 6 Februari 2021.

Kesalahan ditemukan dalam beberapa menit setelah vaksinasi, ketika anggota staf beristirahat di area yang ditentukan.

"Dokter senior segera disiagakan dan staf (yang menerima suntikan) segera diperiksa dan ditemukan baik-baik saja, tanpa reaksi merugikan atau efek samping," kata SNEC dikutip dari Asia One, Minggu (7/2/2021).

Anggota staf itu dirawat di rumah sakit pusat Singapura, Singapore General Hospital (SGH) untuk observasi lebih lanjut, sebelum dipulangkan dua hari kemudian.

SNEC mengatakan telah memperhatikan erat dengan pekerja, yang tetap dalam keadaan baik.

Sebagai langkah keamanan, latihan vaksinasi di SNEC dihentikan segera setelah kesalahan tersebut terdeteksi. Sisa staf SNEC divaksinasi di SGH.

"Penyelidikan kami menunjukkan bahwa itu adalah kesalahan manusia yang dihasilkan dari miskomunikasi di antara tim vaksinasi, yang telah mempersiapkan dan memberikan suntikan pada saat itu," kata SNEC.

Dikatakan pekerja yang bertugas menyiapkan vaksin telah dipanggil untuk menghadiri hal-hal lain selama persiapan vaksin.

Seorang anggota staf kedua telah keliru bahwa dosis vaksin yang belum dilarutkan dalam botol siap untuk diberikan.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

SNEC telah meminta maaf kepada anggota staf yang terkena dampak dan keluarga pekerja, kata Profesor Wong Tien Yin, yang merupakan direktur medis pusat.

"SNEC mengambil pandangan yang sangat serius tentang insiden ini. Keselamatan mereka yang menerima vaksinasi selama latihan vaksinasi staf kami adalah prioritas utama kami," tambahnya.

Dia menambahkan bahwa SNEC telah melakukan tinjauan menyeluruh terhadap proses internalnya dan mengambil langkah-langkah sehingga kesalahan seperti itu tidak terjadi lagi.

SNEC tidak terlibat dalam latihan vaksinasi untuk kelompok lain.

Per Selasa 2 Februari 2021, lebih dari 175.000 orang di Singapura telah menerima dosis pertama mereka dari vaksin COVID-19.

Sekitar 6.000 orang juga telah mengambil dosis kedua vaksin mereka dan menyelesaikan program vaksinasi penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.