Sukses

Usai Transit, KRI Bung Tomo-357 Berangkat dari Sri Lanka ke Pakistan

KRI Bung Tomo-357 sempat transit di Hambantota, Sri Lanka, sebelum melakukan Latihan Bersama di Pakistan.

Liputan6.com, Hambantota - KRI Bung Tomo-357 yang akan mengikuti Multinational Exercise AMAN-21/Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN-21 di Pakistan baru selesai singgah di Hambantota, Sri Lanka. KRI TOM 357 kini sudah kembali berangkat dan disaksikan oleh Duta Besar I Gusti Ngurah Ardiyasa. 

Kapal transit di Sri Lanka untuk melakukan pembekalan ulang. Proses tersebut difasilitasi oleh KBRI Colombo, Kantor Atase Pertahanan Indonesia di India, dan Angkatan Laut Sri Lanka.

Berdasarkan keterangan Kedubes Colombo, Minggu (7/2/2021), acara pelepasan turut dihadiri oleh Port Facility Security Office Angkatan Laut Sri Lanka yang diwakili oleh Commodore Pujitha Vithana dan Atase Pertahanan Indonesia di India, Kolonel Laut (E) Asdhi Yasin Yanuar.

KRI Bung Tomo-357 yang dipimpin oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Excercise AMAN-21, Kol. Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi singgah di Hambantota, Sri Lanka, pada hari Jumat (5/2/21) untuk melakukan pembekalan ulang.

KRI Bung Tomo-357 bertolak dari Hambantota menuju daerah operasi pada pukul 14:00 dengan membawa 112 personel. KRI Bung Tomo-357 dijadwalkan akan kembali melakukan pembekalan ulang di Colombo pada 21 Februari 2021.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Latihan Militer Bersama

Berdasarkan informasi di situs resmi TNI Angkatan Laut, KRI TOM 357 tiba di Sri Lanka pada Jumat (5/2). 

Kedatangan KRI Bung Tomo yang dipimpin Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Excercise AMAN-21, Kol. Laut (P) Sirilus Arif Susbintoro, S.E. dan Komandan KRI Bung Tomo-357 Kolonel Laut (P) Rizky Prayudi disambut olah Atase Pertahanan (Athan) Indonesia di India, Kolonel Laut (E) Asdhi Yasin Yanuar bersama Commodore Pujitha Vithana dari Port Facility Security Office Hambantota Sri Lanka.

Selama sandar di Hambantota KRI Bung Tomo-357 akan melakukan pembekalan ulang berupa pengisian BBM, Bahan Basah dan menambah persediaan air tawar sebelum melanjutkan pelayaran guna melaksanakan Latihan Bersama di Pakistan pekan depan.

Terpisah, Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid K., S.E., M.M. mengatakan, "Saat ini pelayaran KRI Bung Tomo-357 sudah tiba di Hambantota Sri Lanka guna melakukan bekal ulang dalam persiapannya menuju Multinational Exercise AMAN-21/Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN-21," jelas Pangkoarmada I.

3 dari 3 halaman

Latihan 2 Tahun Sekali

Multinational Aman-21 Exercise merupakan latihan bersama yang diselenggarakan 2 tahun sekali oleh Angkatan Laut Pakistan yang fokus pada kerjasama antar Angkatan Laut, Maritime Interdiction Operation (MIO) dan Pembekalan di Laut. Tahun ini dilaksanakan pada 11-16 Februari 2021 di Karachi, Pakistan yang akan diikuti oleh 39 Negara peserta.

"Pada Latihan Bersama AMAN 2021, TNI Angkatan Laut berpartisipasi sebagai peserta dengan mengerahkan satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) MRLF Class yakni KRI Bung Tomo-357 jajaran Satkor Koarmada I. Latihan Bersama Multinational Exercise AMAN-21 dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama militer antara Indonesia dengan negara-negara peserta lainnya" jelas Pangkoarmada I.

"Selain itu, Latihan tersebut juga merupakan kebijakan strategi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam penguatan diplomasi militer dan peningkatan kontribusi dalam memenangkan kepentingan nasional," pungkas Pangkoarmada I.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.