Sukses

Masker Ganda, Kiat Maksimal Cegah COVID-19 dan Virus Corona Mutasi Baru?

Dunia kini dibuat cemas dengan virus corona COVID-19 yang bermutasi menjadi varian baru. Pasalnya, virus itu disebut lebih menular dengan cepat dibandingkan dengan strain sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kini dibuat cemas dengan virus corona COVID-19 yang bermutasi menjadi varian baru. Pasalnya, virus itu disebut lebih menular dengan cepat dibandingkan dengan strain sebelumnya.

Dengan kenyataan itu, ada baiknya orang-orang mulai berpikir untuk meningkatkan upaya pencegahan, termasuk salah satunya dari hal kualitas masker yang kita gunakan.

Cara yang dapat dicapai untuk memaksimalkan perlindungan bagi diri sendiri dan orang lain adalah dengan mengenakan masker ganda. Tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hal mengenakan masker secara dobel.

Seperti dikutip dari Mashable Asia (6/2/2021), jika Anda akan berada di dalam ruangan di sekitar orang lain (dari luar rumah Anda), ada baiknya Anda memaksimalkan kualitas masker yang anda pakai, jelas Dr. Monica Gandhi, seorang kepala divisi asosiasi divisi HIV, Penyakit Menular, dan Kedokteran Global di Rumah Sakit Umum UCSF San Francisco.

Ketika di luar ruangan, menggunakan satu masker berkualitas, seperti masker kain yang ditenun dengan baik, seringkali cukup (tetapi pilihan masking, dan persepsi risiko di setiap lingkungan yang unik, terserah Anda.)

Tetapi ketika di dalam ruangan, Anda biasanya mengorbankan intervensi kesehatan masyarakat utama untuk menghindari terinfeksi COVID-19: ventilasi. Di dalam ruangan, partikel orang bernapas keluar dapat berlama-lama di udara selama berjam-jam. Selain itu, tempat-tempat dalam ruangan ramai membatasi kemampuan Anda untuk menjauhkan diri dari orang yang berpotensi terinfeksi.

Dengan virus licik ini, kemungkinan kita kadang-kadang mendekati orang yang terinfeksi, karena banyak orang tidak menyadari mereka terinfeksi: Sekitar 40 hingga 45 persen orang yang terinfeksi tidak pernah mengalami gejala, menurut CDC. Selain itu, lebih dari setengah infeksi COVID-19 disebarkan oleh orang-orang yang tidak memiliki gejala atau belum memilikinya (presimptomatik). Anda mungkin tanpa disadari terinfeksi juga.

"Itu sebabnya semua orang perlu mengenakan masker," kata David Leighton, seorang profesor di Departemen Teknik Kimia dan Biomolekuler di University of Notre Dame yang telah meneliti efektivitas masker.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknik Masker Ganda

Ada dua cara sederhana untuk membuat masker yang lebih protektif, jelas Dr. Gandhi, yang baru-baru ini menerbitkan analisis masker dalam jurnal ilmiah Cell.

Ia menyebut ada dua strategi masker untuk mencapai apa yang disebutnya "masker perlindungan maksimal." Tujuannya adalah untuk secara efektif menyaring udara, sehingga partikel virus tidak masuk atau meninggalkan masker Anda.

Opsi 1: Masker bedah yang tersedia secara luas (atau masker kn95 yang populer dan sering tersedia) yang ditutupi dengan masker kain dengan bahan yang ditenun rapat. Masker bedah dan kn95 dibuat dengan bahan sintetis yang berasal dari plastik (polypropylene) yang secara efektif menyaring partikel kecil dari udara.

Opsi 2: Masker berlapis, dapat berupa masker medis dilapis dengan masker kain biasa di luar, atau; masker kain tiga lapis dengan pelapis ekstra di dalam atau di luar.

Dr. Gandhi mengatakan bahwa kini banyak masker kain berkualitas yang dirancang untuk menampung kain pelapis atau filter di bagian dalamnya.

Anda mungkin bertanya-tanya tentang masker respirator N95 - jenis yang Anda lihat dipakai perawat dan dokter. Mengapa tidak hanya menggunakan salah satu dari mereka?

Sebagian besar masyarakat tidak memiliki akses ke masker N95, yang disetujui untuk petugas kesehatan di AS. Lebih lanjut, masker N95 sering dipasang secara profesional ke wajah para profesional, standar pelindung yang tidak layak untuk publik.

Itu sebabnya Dr. Gandhi merekomendasikan masker ganda yang mudah dibuat, atau masker kain yang diberi lapisan ekstra seperti yang dijelaskan di atas.

Dr. Thomas Russo, kepala penyakit menular di University of Buffalo's Jacobs School of Medicine and Biomedical Sciences menjelaskan, meningkatkan kualitas masker adalah hal penting saat ini, karena sebagian besar populasi kemungkinan tidak akan divaksinasi setidaknya selama berbulan-bulan --meski program vaksinasi secara resmi telah bergulir di beberapa negara.

"Kita perlu menggandakan langkah-langkah kesehatan masyarakat lebih dari sebelumnya," tegas Dr. Russo, yang merawat pasien di Buffalo VA Medical Center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.