Sukses

Cuitan Rihanna di Twitter Soal Aksi Protes Petani India Picu Kontroversi

Tulisan Rihanna terkait aksi demo petani India di Twitter memicu kontroversi.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa jam setelah tweet oleh superstar pop Rihanna menarik perhatian global ke penyebab protes petani, India melancarkan reaksi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap penyanyi tersebut.

Kementerian luar negeri merilis pernyataan yang mengkritik "selebriti dan lainnya" karena komentar mereka yang "tidak akurat dan tidak bertanggung jawab". Selain itu, para menteri dan selebriti turut men-tweet menentang "propaganda" yang mengancam persatuan India. Demikian seperti melansir BBC, Jumat (5/2/2021). 

Beberapa saluran berita pro-pemerintah memperkuat suara dukungan. Seorang aktris Bollywood yang dikenal karena pendapat pro-pemerintahnya, menyebut Rihanna sebagai "bintang porno", bahkan memuji mantan pacarnya, Chris Brown karena menyerangnya pada tahun 2009.

Puluhan ribu petani telah melakukan protes selama lebih dari dua bulan terhadap undang-undang baru yang akan melonggarkan aturan seputar penjualan, penetapan harga dan penyimpanan hasil pertanian.

Tweet Rihanna pada hari Selasa terkait dengan berita tentang blokade internet di situs protes dan segera menjadi viral, mendapatkan lebih dari 700.000 tanggapan suka. 

"Kenapa kita tidak membicarakan ini ?!" tulis penyanyi itu, yang memiliki 100 juta pengikut di jejaring sosial.

Penolakan pemerintah dilakukan dengan cepat, dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Amit Shah yang men-tweet pada Rabu malam dengan tagar #IndiaAgainstPropaganda dan #IndiaTogether. 

"Tidak ada propaganda yang dapat menghalangi persatuan India! Tidak ada propaganda yang dapat menghentikan India untuk mencapai ketinggian baru! Propaganda tidak dapat menentukan nasib India ... hanya 'Kemajuan' yang dapat. India berdiri bersatu dan bersama untuk mencapai kemajuan," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Pro-Pemerintah

Segera setelah itu, para menteri, bintang Bollywood, dan kriket juga mulai men-tweet, menggunakan salah satu atau kedua tagar yang digunakan oleh Shah.

"Kedaulatan India tidak bisa dikompromikan. Kekuatan luar bisa menjadi penonton tapi bukan partisipan. Orang India tahu India dan harus memutuskan untuk India. Mari tetap bersatu sebagai bangsa," tulis pemain kriket Sachin Tendulkar.

Kicauan serupa atau bahkan identik dibagikan oleh beberapa selebritas, termasuk kapten India Virat Kohli, Akshay Kumar Bollywood, Ajay Devgn dan Karan Johar, penyanyi legendaris Lata Mangeshkar dan pemain tenis Saina Nehwal - mengarah ke saran bahwa pesan-pesan itu dikoordinasikan oleh media sosial manajer dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa.

3 dari 3 halaman

Protes Petani India

Protes telah menjadi tantangan paling sulit bagi pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi.

Puluhan ribu petani telah melakukan protes di perbatasan Delhi terhadap tiga undang-undang pertanian baru selama lebih dari dua bulan. 

Para pengunjuk rasa, termasuk pria lanjut usia, wanita dan anak-anak, telah menolak untuk mengalah bahkan selama suhu musim dingin yang membekukan, berkemah di tempat terbuka, tinggal dan tidur di jalanan. Puluhan orang juga tewas.

Pemerintah telah menawarkan untuk menangguhkan undang-undang tersebut selama 18 bulan, tetapi para petani mengatakan bahwa peraturan itu harus dicabut.

Pekan lalu, protes tersebut menjadi berita utama global ketika unjuk rasa oleh petani berakhir dengan bentrokan kekerasan, yang menewaskan seorang pengunjuk rasa dan ratusan polisi serta pengunjuk rasa terluka. 

Beberapa demonstran menyerbu Benteng Merah Delhi yang bersejarah dan mendudukinya sampai polisi mengusir mereka.

Ketika tweet Rihanna menjadi viral dan mengumpulkan puluhan ribu tanggapan, banyak yang memujinya karena membawa perhatian global ke "tujuan penting". Tetapi banyak juga yang mengkritiknya karena ikut serta dalam protes melawan hukum yang telah dipertahankan oleh pemerintah dan pendukungnya.

Beberapa saluran berita pro-pemerintah memuat berita utama yang menggambarkan Rihanna sebagai "orang luar yang kurang informasi" yang merupakan bagian dari "plot untuk memecah belah India" dan bersumpah bahwa "propaganda tidak akan menang".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini